Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Sayur Lompong (Batang Tales) Kekinian

Bosen sama menu makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep sayur lompong (batang tales) ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Sajian sayur lompong (batang tales) ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Sayur Lompong (Batang Tales)

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan sayur lompong (batang tales) karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lompong (batang tales)! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Selain tidak gatal, maka Lompong juga kan lemes dan lebih mudah di masak. Jangan lupa, pakai Tempe Semangit ya agar makin sedep Oblok-Obloknya. Ya, di beberapa daerah batang talas memiliki banyak nama, mulai dari lompong, batang keladi, dan kemumu.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat menyiapkan sayur lompong (batang tales) hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sayur lompong (batang tales) yuk!

Untuk menyiapkan Sayur Lompong (Batang Tales), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ikat of Lompong,kuliti, potong2 (Arni,2 ikat).
  2. Dibutuhkan 2 lembar of Daun Salam.
  3. Gunakan 1 batang of Sereh, geprek.
  4. Siapkan 1 ruas of Lengkuas, geprek.
  5. Ambil 600 ml of Air.
  6. Siapkan 1/2 sachet of Santan Instan uk. 65 ml (Arni,1 sdm santan bubuk).
  7. Diperlukan Secukupnya of Garam.
  8. Gunakan Secukupnya of Lada Bubuk.
  9. Diperlukan Secukupnya of Kaldu Bubuk.
  10. Gunakan of Bumbu Halus :.
  11. Dibutuhkan 3 buah of Cabe Merah Keriting.
  12. Ambil 3 siung of Bawang Putih.
  13. Siapkan 5 buah of Bawang Merah.
  14. Diperlukan 1 ruas of Jahe.
  15. Dibutuhkan 3 buah of Kemiri.

Biasanya batang talas atau lompong dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah. Makanan rumahan ini juga dikenal dengan sebutan makanan ala ndeso. Cara masaknya yang sederhana dan praktis, membuat sayur ini cocok disantap kapan saja. Tanaman talas di masyarakat jawa sering disebut dengan " lompong" dimana tanaman lompong sering digunakan sebagai obat-obatan di masyarakat desa atau dikonsumsi sebagai sayuran, karena memang rasa sayur lompong ini sangatlah lezat. setelah dimasak membuat rasa sayur lompong ini menjadi begitu lezat ketika dikunyah.

Proses menyiapkan Sayur Lompong (Batang Tales):

  1. Didihkan air,lalu rebus batang tales sampai empuk. Angkat dan sisihkan..
  2. Tumis bumbu halus dan daun salam, sereh dan lengkuas sampai harum. Lalu masukan lompong beri air, aduk2..
  3. Beri bumbu dan masukan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah,masak sampai mendidih. Koreksi rasa..
  4. Angkat dan sajikan..
Kita tidak bisa menyentuh talas secara langsung. Soalnya, talas akan membuat kita gatal. Maka dari itu, gunakanlah batang talas sebagai pegangan ketika mengupas talas. Kemudian, talas perlu dilumuri dengan garam sehingga getahnya hilang. Setelah getahnya habis, barulah talas dapat dipotong-potong dan diolah.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sayur lompong (batang tales). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close