Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Putu mayang tanpa cetakan Kekinian

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep putu mayang tanpa cetakan ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! putu mayang tanpa cetakan adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, saatnya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Putu mayang tanpa cetakan

Pada umumnya orang sudah minder duluan putu mayang tanpa cetakan karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu mayang tanpa cetakan! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa nikmat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Resep Putu Mayang Lembut Tepung Beras Tanpa Cetakan Anti Gagal Hai teman-teman selamat datang di dapur yunli,resep kali. Kue putu mayang merupakan kue tradisional khas dari Betawi. Kue satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung kanji yang dibentuk seperti mie, lalu disajikan dengan gula jawa cair dan santan kelapa.

Kamu dapat memasak putu mayang tanpa cetakan hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep putu mayang tanpa cetakan!

Untuk memasak Putu mayang tanpa cetakan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan putu mayang:.
  2. Dibutuhkan 250 gr of tepung beras.
  3. Dibutuhkan 50 gr of tepung tapioka.
  4. Ambil 1/4 sdt of garam.
  5. Sediakan 3 sdm of gula pasir.
  6. Gunakan 500 ml of santan kental.
  7. Siapkan of pewarna makanan hijau & merah muda.
  8. Gunakan of Bahan kuah gula :.
  9. Dibutuhkan 1 keping besar of gula jawa/aren.
  10. Diperlukan 400 ml of santan kental.
  11. Siapkan 2 sdm of tepung maizena.
  12. Gunakan 2 helai of daun pandan.

Sementara putu mayang adalah petulo versi Jawa yang biasa di hidangkan kering atau berkuah bentuknya seperti gethuk lindri yang di gulung Ini dia resep petulo atau putu mayang sederhana enak. Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu mayang. Tekan sambil ditampung di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak. Rasanya tak lengkap jika menyantap putu mayang tanpa menggunakan saus tambahan untuk penyedapnya.

Proses menyiapkan Putu mayang tanpa cetakan:

  1. Pertama tuang santan ke dalam panci lalu tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata.
  2. Lalu nyalakan api kompor (kecil) masak sambil diaduk terus sampe mengental dan asat, matikan kompor. (jangan terlalu asat atau kering ya) pastikan masih sedikit agak basah.
  3. Pindahkan ke wadah lalu diamkan sebentar supaya agak dingin, lalu masukan sedikit demi sedikit tepung tapioka sambil diaduk kembali sampai rata..
  4. Next, siapkan mangkok, bagi menjadi 3 adonan, masing2 diberi pewarna makanan hijau, merah muda, dan 1 adonan lagi biarkan berwarna putih, setelah itu masukan k dalam piping bag(plastik segitiga) dan potong bagian ujungnya kecil aja.
  5. Siapkan kukusan, oles minyak pada sekat kukusan, lalu semprot adonan sampai sekat kukusan penuh.
  6. Masukan dgn hati2 kedalam panci kukusan yg sebelumny sudah dipanaskan diatas kompor (hati2 ya dgn hawa panasnya ya) kukus 5 menit aja trs angkat sesudah dingin, sisihkan.
  7. Cara buat kuah, sisir2 gula jawa/aren masukan kedalam panci, masukan santan, garam,daun pandan aduk sampai rata, setalah agak mendidih masukan maizena aduk kembali sampai rata. Angkat.
  8. Putu mayang/petulo siap disajikan dan dinikmati ๐Ÿคค๐Ÿคค.
Dengan cetakan kayu sederhana, keluarlah bentuk cantik yang unik. Warnanya bikin putu mayang makin menarik. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang lalu tekan cetakan di atas daun pisang yang sudah dioles minyak. Lihat juga resep Petulo/Putu Mayang enak lainnya. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair.

Selamat mencoba resep putu mayang tanpa cetakan! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close