Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Bika Ambon Anti Ribet!

Ingin tau rahasia memasak bika ambon yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep bika ambon terbaik! bika ambon, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Bika Ambon

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan bika ambon karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bika ambon! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menyiapkan bika ambon hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep bika ambon!

Untuk menghidangkan Bika Ambon, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan A (Adonan Biang).
  2. Sediakan 1 Bungkus of Ragi Instan (Fermipan).
  3. Ambil 10 gr of Gula Pasir.
  4. Sediakan 250 ml of Air Kelapa.
  5. Siapkan 75 gr of Tepung Terigu Segitiga.
  6. Dibutuhkan 25 gr of Tepung Ketan.
  7. Siapkan of Bahan B (Syrup Santan).
  8. Ambil 400 ml of Santan Kental dari 2 butir Kelapa.
  9. Diperlukan 175 gr of Gula Pasir.
  10. Gunakan 1 sdt of Garam.
  11. Ambil 10 lbr of Daun Jeruk Buang Tulangnya.
  12. Ambil 1 Batang of Serai Geprek.
  13. Dibutuhkan 11/2 sdt of Kunyit Bubuk.
  14. Siapkan of Bahan C (Adonan Utama).
  15. Diperlukan 15 Butir of Kuning Telur.
  16. Ambil 3 Butir of Putih Telur.
  17. Sediakan 150 gr of Gula Pasir.
  18. Siapkan 1 sdt of Garam.
  19. Dibutuhkan 300 gr of Tepung Tapioka (Cap Tani).

Proses menghidangkan Bika Ambon:

  1. Siapkan Bahan² terlebih dahulu.
  2. Membuat Syrup Santan : Siapkan panci masukkan semua bahan syrup masak dengan api kecil sambil diaduk². Masak santan hingga mendidih, angkat lalu saring dan dinginkan disuhu ruang..
  3. Membuat Adonan Biang : Siapkan wadah, masukkan tepung terigu + tepung ketan + gula pasir + ragi aduk² agar semua tercampur lalu tuang secara perlahan air kelapa dan aduk rata lalu tutup rapat dan diamkan selama 15 menit hingga mengembang..
  4. Membuat Adonan Utama : Siapkan wadah masukkan kuning telur + putih telur + gula pasir + garam mixer dengan kecepatan sedang hingga kental dan gula larut. Lalu masukkan tepung tapioka mixer sampai tercampur rata matikan mixer..
  5. Kemudian tepuk² adonan dengan Ballon Whisk hingga lembut dan ringan. Lalu masukkan adonan biang sambil terus diaduk dan ditepuk² kemudian masukkan syrup santan aduk² dan tepuk² hingga lembut dan ringan lakukan ini selama 10 menit lalu tutup dengan plastik wrap dan diamkan selama 2 jam. NOTE : 1. Adonan ditepuk² agar nantinya menghasilkan serat rongga yg cantik 2. Didiamkan lama yaitu 2 jam agar sarangnya nanti bisa terbentuk karena saatnya biang berfermentasi.
  6. Hasil setelah adonan didiamkan 2 jam..
  7. Siapkan loyang saya pakai loyang ukuran 20x20x7 olesi dengan minyak goreng keseluruh permukaan kemudian panaskan loyang dan oven 15 menit sebelumnya..
  8. Aduk adonan dan tuang kedalam loyang dan masak hingga matang. Disini saya pakai Oven Tangkring dan tutup ovennya dibuka sedikit. Saya masak selama 35-40 menit dengan suhu 180°C api bawah dan masak pakai api sedang. NOTE : Lebih disarankan memanggang dengan media pasir, jadi gubakan pasir bersih taruh diatas loyang yg lebih besar dari loyang yg kita gunakan, kemudian panaskan lalu loyang yg berisi adonan taruh diatasnya..
  9. Lakukan tes tusuk dengan lidi bersih untuk melihat adonan sdh matang apa belum, jika sdh keluarkan Bika dan dinginkan.
  10. Keluarkan bika dan potong² sesuai selera dan sajikan. Selesai. Bika Ambon

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat bika ambon. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close