Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal Petis Udang Untuk Pemula!

Jenuh sama sajian makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep sambal petis udang ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Satu lagi sajian yang bisa bikin meja makan semakin meriah - sambal petis udang! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Sambal Petis Udang

Pada umumnya orang takut mulai memasak sambal petis udang karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal petis udang! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menyiapkan sambal petis udang hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambal petis udang!

Untuk menyiapkan Sambal Petis Udang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 200 gr of kepala udang dan kulit.
  2. Siapkan 400 ml of air.
  3. Sediakan 2 sdm of tepung terigu.
  4. Gunakan 1.5 sdm of kecap manis.
  5. Siapkan 1 sdm of bon cabe original level 15.
  6. Sediakan 3 of cabe rawit merah.
  7. Siapkan 7 gr of gula merah.
  8. Gunakan Secukupnya of garam.

Cara memasak Sambal Petis Udang:

  1. Cuci bersih kepala dan kulit udang. Sisihkan Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kepala dan kulit udang. Rebus selama 10 menit, buat alarm ya. Masak sambil di aduk² supaya rata udangnya di rebus..
  2. Setelah 10 menit, matikan api. Dinginkan sebentar, setelah dingin. Blender kepala dan kulit udang sampai halus. Lalu saring sampai 4 x (boleh lebih)..
  3. Giling cabe rawit sampai halus, sisihkan. Masukan cabe rawit ke dalam air kaldu udang, garam, gula merah dan tambahkan 2 sdm tepung terigu supaya kental. Di aduk² sampai tidak bergerindil, lalu masak hingga sedikit mengental. Setelah mengental, koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan kompor. Lalu tambahkan kecap dan bon cabe. Aku ngak pakai gula pasir, karna mau pedas sambalnya. Kalau temen² mau ngak pedas, sesuaikan aja cabenya..

Mudah bukan membuat sambal petis udang? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close