Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Soto tangkar betawi Anti Gagal!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep soto tangkar betawi ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan soto tangkar betawi untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Soto tangkar betawi

Kebanyakan orang sudah minder duluan soto tangkar betawi karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto tangkar betawi! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibikin terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar atau tulang iga. Dilansir dari buku Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita karya Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia. Tak itu saja, soto tangkar sebagai bagian dari kuliner Betawi juga mengalami percampuran budaya antara "Ada beberapa ya (silang budaya) seperti ragam soto betawi dan tangkar yang mana itu.

Kalian dapat menyiapkan soto tangkar betawi hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto tangkar betawi!

Untuk menyiapkan Soto tangkar betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1.5 ltr of air.
  2. Sediakan 500 ml of santan kental.
  3. Dibutuhkan 1 kg of iga sapi.
  4. Ambil 1 buah of daun salam.
  5. Gunakan 2 buah of daun jeruk.
  6. Siapkan 1 btg of serai.
  7. Dibutuhkan 1 ruas of laos.
  8. Dibutuhkan of bumbu halus:.
  9. Dibutuhkan 10 siung of bawang merah.
  10. Diperlukan 6 siung of bawang putih.
  11. Gunakan 5 butir of kemiri.
  12. Diperlukan 4 buah of cabai merah besar.
  13. Dibutuhkan 1 sdm of ketumbar.
  14. Sediakan 1 sdt of merica butiran.
  15. Diperlukan 1 sdt of jintan.
  16. Ambil 2 sdm of gula merah.
  17. Ambil 2 sdt of garam.
  18. Dibutuhkan 1/2 sdt of penyedap rasa.
  19. Gunakan of secukupx minyak untuk menumis.
  20. Gunakan of bahan pelengkap:.
  21. Ambil of bawang merah goreng.
  22. Sediakan iris of daun bawang.
  23. Gunakan of cabe.
  24. Sediakan of jeruk nipis.
  25. Dibutuhkan of emping belinjo.

Resep Soto tangkar betawi oleh Susan Mellyani. Resep ini sy dpt dr buku aneka resep masakan,jujur yah soal rasa udh maksimal bgt buat aku sih,suami jg blg ini enak. Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi.

Proses menghidangkan Soto tangkar betawi:

  1. Rebus tulang dipanci presto hingga empuk.....
  2. Blender semua bumbu halus..kemudian tumis... masukkan daun salam,daun jeruk, laos&serai yg sudah digeprek.. tumis hingga harum.
  3. Jika daging sudah empuk masukkan bumbu halus tadi...masak hingga mendidih....
  4. Tambahkan gula merah, garam penyedap rasa...
  5. Tuangkan santan perlahan sambil diaduk2 supaya santan tidak pecah....
  6. Tes rasa kl udah pas boleh beri taburan daun bawang.... matikaan api.
  7. Tips... setelah tulang sdh empuk biarkan dingin dulu sampai lemakx mengeras... buang lemak2 yg udah mengeras tadi... kmd tulangan bisa diolah.
Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sekilas, soto ini mirip dengan soto betawi pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan. Soto tangkar - also Betawi specialty soto made of chopped goat or beef ribs (Betawi:tangkar) and beef brisket cooked in coconut milk soup spiced with turmeric, garlic, shallot, chili, pepper, candlenut. Resep Soto Tangkar, Hidangan Khas Betawi yang Selalu Lestari. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Mudah bukan membuat soto tangkar betawi? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close