Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Marmer Buttercake Ubi Ungu Anti Ribet!

Bosan sama makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep marmer buttercake ubi ungu ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! marmer buttercake ubi ungu, sajian mudah dan cepat untuk dibuat. Pas untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Marmer Buttercake Ubi Ungu

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan marmer buttercake ubi ungu karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari marmer buttercake ubi ungu! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat marmer buttercake ubi ungu hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin marmer buttercake ubi ungu yuk!

Untuk menyiapkan Marmer Buttercake Ubi Ungu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 100 gram of mentega (saya margarin).
  2. Diperlukan 80 gram of gula kastor.
  3. Gunakan 1/4 sdt of garam.
  4. Diperlukan 1/2 sdt of vanili bubuk (saya essens).
  5. Ambil 2 butir of telur.
  6. Dibutuhkan 2 sdm of susu cair.
  7. Siapkan 100 gram of tepung protein rendah.
  8. Ambil 30 gram of maizena (tinggal 10 gram jd dtambah 20gram terigu).
  9. Diperlukan 1 sdt of baking powder (saya skip).
  10. Diperlukan 50 gram of ubi ungu kukus (blender dgn 25 ml santan).

Langkah-langkah membuat Marmer Buttercake Ubi Ungu:

  1. Panaskan oven. Siapkan loyang loaf oles margarin tipis & taburi tepung, sisihkan. Mixer mentega, gula, garam, vanili sampai mengembang pucat & creamy. Masukkan telur satu per satu, dgn speed rendah sampai homogen..
  2. Masukkan susu cair, aduk asal rata. Masukkan tepung terigu & maizena yg sudah di ayak, mixer speed rendah sampai rata homogen..
  3. Ambil setengah bagian adonan campur dgn pasta ubi. Tuang stengah bagian adonan kuning ke dalam loyang, lalu tuang stengah bag adonan ungu. Tuang adonan kuning lalu tuang adonan ungu. Buat motif marmer dgn tusuk sate atau ujung pisau (motifnya gagal krn kurang ngruwil2 huhu).
  4. Panggang dalam oven suhu 180 selama 20 menit pertama dgn waterbath (menaruh nampan berisi air panas di bawah rak), kemudian 20 menit kedua ambil nampan berisi air turunkan suhu ke 160. Saya ngga ambil nampannya krn airnya udah kering hehe. Tes tusuk, jika matang lidi terlihat bersih. Keluarkan dr loyang. Dinginkan, potong2 & sajikan.

Mudah bukan membuat marmer buttercake ubi ungu? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close