Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Soto Iga Sapi ala Ay (#postingrame2_soto) Kekinian

Ingin tau rahasia memasak soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) yang lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) terbaik! soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) pas untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Soto Iga Sapi ala Ay (#postingrame2_soto)

Sebagian Besar orang tidak berani memasak soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin terasa nikmat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Olahan berbahan dasar iga sapi sepertinya akan selalu menarik untuk dicicipi. Mulai dari yang bertipe kering seperti iga bakar sampai yang berkuah seperti sop iga sapi. Menyenangkan rasanya membayangkan menyantap daging sapi lembut yang menempel pada tulang iga.

Kalian dapat membuat soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) hanya dengan menggunakan 37 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto) yuk!

Untuk menyiapkan Soto Iga Sapi ala Ay (#postingrame2_soto), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 kg of Iga Sapi, potong2 cuci bersih (dipotongin tukang daging).
  2. Dibutuhkan 1 sdm of air jeruk nipis.
  3. Diperlukan 1 sdt of munjung garam.
  4. Gunakan of Bumbu halus ;.
  5. Ambil 5 siung besar of bawang merah (kalo kecil pake 10 siung).
  6. Diperlukan 7 siung of bawang putih.
  7. Ambil 20 butir of cabe rawit ijo + 5 butir rawit merah.
  8. Diperlukan 2 sdt of merica utuh.
  9. Diperlukan 1 sdt of jinten.
  10. Diperlukan 3 butir of kemiri.
  11. Gunakan 2 ruas of lengkuas muda.
  12. Sediakan 2 cm of kunyit.
  13. Sediakan 2 ruas of jahe.
  14. Siapkan 1 biji of pala (sy pake 1,5 bj krn kecil).
  15. Diperlukan of Bahan tambahan :.
  16. Dibutuhkan 4 lbr of daun salam.
  17. Diperlukan 7 lbr of daun jeruk.
  18. Diperlukan 1 lbr of daun pandan simpulkan.
  19. Dibutuhkan 2 btg of bawang daun.
  20. Dibutuhkan 3 cm of kayu manis.
  21. Sediakan 4 butir of kapulaga.
  22. Siapkan 2 bunga of pekak.
  23. Siapkan 1 siung of bawang merah iris.
  24. Ambil 2 btg of sereh geprek.
  25. Dibutuhkan 1 ruas of lengkuas tua geprek.
  26. Gunakan 2 sdm of air perasan jeruk nipis.
  27. Ambil 1 bks kecil of royco sapi (optional).
  28. Diperlukan 3 liter of air.
  29. Diperlukan 200 ml of santan sedang.
  30. Sediakan secukupnya of garam.
  31. Sediakan of Pelengkap :.
  32. Sediakan 3 bh of kentang goreng dadu + Keripik kentang (kentang).
  33. Ambil 1 batang of seledri irisan.
  34. Ambil sesuai selera of bawang merah goreng.
  35. Siapkan sesuai selera of sambal rawit (boleh skip).
  36. Gunakan 1 buah of tomat, irisan.
  37. Gunakan 1 buah of jeruk nipis (blh skip).

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, angkat. Rebus iga dengan api kecil agar air perebus tidak cepat habis sementara iga belum matang. Di samping itu, merebus dengan api kecil menghasilkan tekstur daging. Penggunaan tulang iga sapi segar dan daging sapi pilihan membuat sayur sop tulang iga super ini begitu special dan rasanya maknyus.

Proses menghidangkan Soto Iga Sapi ala Ay (#postingrame2_soto):

  1. Didihkan 500 ml air. Cuci bersih Iga Sapi balur dg air jeruk nipis dan garam. Kemudian masukkan kedalam air mendidih tutup panci dan masak selama 10-15 menit sampai busa/kotoran dari Iga keluar. Matikan kompor, pindahkan Iga dan buang air rebusan pertama yg kotor. Didihkan kembali 2,5 liter air rebus kembali Iga dg 1,5 cm kayumanis & 1sdt garam dlm panci tertutup sampai empuk, (saya sisakan air rebusan utk kuah sekitar 1,7 liter). Jika blm empuk bisa tambahkan air, (bisa dipresto lbh cepat)..
  2. Siapkan bumbu halus dan bahan tambahan..
  3. Kupas 3 bh kentang, 1 bh potong dadu, 2 bh iris tipis rendam sbntar dg air kapur kemudian bilas bersih tiriskan. Goreng kentang dadu dan keripik kentang sampai matang sisihkan. Gunakan 3 sdm minyak sisa goreng kripik kentang utk menumis irisan bawang merah sampai layu, masukan bumbu halus dan bahan tambahan kecuali bawang daun, royco dan air jeruk nipis. tumis sampai wangi dan daunan layu, masukkan 1 sdt garam kedalam tumisan bumbu,.
  4. Masukan tumisan bumbu kedalam air rebusan Iga Sapi, tutup panci dan rebus kembali sekitar 10-15 menit supaya bumbu meresap. Setelah 10/15 menit masukkan santan, aduk2 sampai santan mendidih supaya santan tdk pecah..
  5. Jika dirasa sdh cukup mendidih masukkan potongan bawang daun dan 1 sampai 2 sdm air jeruk nipis. Cicipi rasa, jika ada yg kurang koreksi rasa. Terakhir ketika kompor akan dimatikan masukkan royco sapi..
  6. Penyajian: masukkan Iga dan kuah soto dlm mangkuk, masukkan kentang goreng dadu, taburi irisan seledri, bawang goreng dan letakkan irisan tomat serta keripik kentang. Soto lezat siap disantap, jika krg pedes tambahkan sambal rawit..
  7. Bikin sambal rawit mudah aja, masukkan 15 butir rawit yg sdh dicuci dalam air rebusan Iga, jika sdh lunak angkat tiriskan kemudian uleg, jadi dech..
Sayang jika resep sup iga istimewa ala restoran ini dilewatkan begitu saja, padahal Bunda bisa menyajikannya sebagai sajian menu sehari-sehari dan jika untuk. Iga sapi bakar yang disajikan di atas hot plate ala restoran bisa dibuat sendiri. Pilih daging iga yang tebal dan nikmati gurihya dengan cocolan kecap pedas. Selain diolah menjadi sup ataupun soto, iga sapi enak dibakar. Dimasak dengan bumbu hingga rasanya gurih kemudian dimasak dengan olesan.

Selamat mencoba resep soto iga sapi ala ay (#postingrame2_soto)! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close