Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Bika Ambon Anti Gagal!

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep bika ambon ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Hadirkan bika ambon untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Bika Ambon

Banyak orang sudah menyerah duluan bika ambon karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bika ambon! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat memasak bika ambon hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin bika ambon yuk!

Untuk menyiapkan Bika Ambon, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Bahan A.
  2. Sediakan 300 ml of santan kental.
  3. Ambil 200 ml of air.
  4. Diperlukan 1 bh of serai.
  5. Dibutuhkan 1 bh of daun jeruk.
  6. Diperlukan 2 lbr of daun pandan.
  7. Diperlukan 1 sdt of bubuk kunyit/secukupnya.
  8. Sediakan 1 gr of garam.
  9. Gunakan of Bahan B.
  10. Dibutuhkan 4 gr of yeast/pakmaya.
  11. Dibutuhkan 30 gr of tepung terigu.
  12. Ambil 50 cc of air.
  13. Sediakan of Bahan C.
  14. Siapkan 6 bh of kuning telur.
  15. Dibutuhkan 3 sdm of putih telur.
  16. Sediakan 230 gr of gula pasir.
  17. Diperlukan 250 of tepung tapioka.
  18. Ambil 1 gr of garam.
  19. Dibutuhkan 1 gr of vanila cair.
  20. Ambil 20 gr of butter/ margarin dicairkan.
  21. Diperlukan secukupnya of Toping keju parut.

Langkah-langkah menyiapkan Bika Ambon:

  1. Siapkan bahannya.Masak dan didihkan bahan A, sisihkan. Aduk bahan B, wrap dan diamkan 30 menit. Tunggu muncul2 gelembung udaranya..
  2. Setelah dingin santannya. Kocok cepat dengan whisk kuning telur +putih +gula pasir sebentar, jangan berbuih. Lalu tambahkan adonan B, kocok rata. Lalu masukkan garam+vanila cair+ butter/margarin yg dicairkan. Aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit aduk rata. Saring 1x. Wrap adonan, tunggu 2 jam..
  3. Sebelumnya panaskan oven 200 °C api bawah dan cetakan yang telah diolesi minyak goreng dan diberi sedikit tepung terigu sekitar 20 menit. Keluarkan cetakan uk 8x13x24. Adonan SARING 1x. Tuang adonan nya. Jangan ditutup,pintu oven dijegal pakai kain tatakan. Tunggu 1jam25 menit. Pakai api bawah 190 °C.sesuai oven masing2. Tunggu adonannya udah kelihatan gelembung2nya. Taburi keju.Pindahkan ke rak atas. Panggang 10 menit pakai api atas °190C.Jangan hangus..
  4. Nah..Deg2 an lihat hasilnya. Gagal tidaknya itu akan kelihatan. Tunggu dingin potong2.. Seratnya lumayan panjang😍😍.. Ok selamat mencoba... Semangat.. 😋😋.

Selamat mencoba resep bika ambon! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close