Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyiapkan Soto banjar Anti Ribet!

Ingin tau rahasia bikin soto banjar yang enak? Gak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto banjar terbaik! Makanan soto banjar ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Soto banjar

Sebagian Besar orang sudah minder duluan soto banjar karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

It could be served with rice on the side or lontong (compressed rice cake) in the soto. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh.

Kawan-kawan dapat membuat soto banjar hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto banjar yuk!

Untuk menghidangkan Soto banjar, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam.
  2. Siapkan 4 butir of telur ayam/telur itik.
  3. Dibutuhkan 1 bungkus of suun.
  4. Siapkan 5 sdm of Bawang goreng.
  5. Diperlukan 2 sdm of minyak untuk menumis.
  6. Siapkan 100 ml of susu cair.
  7. Diperlukan 1 buah of kentang.
  8. Sediakan 1 buah of wortel.
  9. Dibutuhkan 2 helai of daun bawang.
  10. Gunakan 2 helai of daun seledri (skip/tdk ad stok).
  11. Dibutuhkan of Bumbu Halus.
  12. Ambil 6 butir of kapulaga.
  13. Diperlukan 1/2 biji of pala.
  14. Gunakan 5 biji of cengkeh.
  15. Siapkan 2,5 cm of kayu manis.
  16. Sediakan 1 sdt of merica butiran.
  17. Siapkan 5 siung of bawang merah.
  18. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih.
  19. Dibutuhkan Secukupnya of garam dan micin.
  20. Sediakan Secukupnya of penyedap rasa ayam.
  21. Gunakan of Pelengkap :.
  22. Dibutuhkan of Perkedel kentang.
  23. Diperlukan of Kecap manis.
  24. Ambil 1 buah of jeruk.
  25. Siapkan Secukupnya of cabe rawit / sambal.

KOMPAS.com - Soto banjar adalah soto khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini terkenal dengan aroma harum rempah-rempah yang khas. Kuah soto banjar juga berciri khas tampak keruh karena dicampur dengan susu kental manis atau telur. Selain itu soto banjar juga ditambahkan wortel, komponen yang membedakan dengan soto dari daerah lain.

Proses menghidangkan Soto banjar:

  1. Rebus air sampai mendidih sekitar 2,5 liter kemudian masukkan ayam yang sudah di cuci bersih (ayam jangan di potong2 /biarkan utuh),sementara siapkan bumbu halus dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng,aduk hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan kaldu ayam rebus tadi. Angkat ayam lalu suir-suir daging ayam dan sisihkan.
  3. Rebusan kaldu yang sudah mendidih kemudian saring agar kuahnya bersih dan tambahkan susu cair,koreksi rasa dan sisihkan.
  4. Rendam suun di air panas jika sudah layu kemudian saring,rebus telur,di panci lain rebus juga kentang dan wortel.
  5. Potong-potong daun bawang dan seledri,siapkan juga irisan jeruk,bawang goreng,sambal cabe rawit / cabe rawit utuh.
  6. Cocok di sajikan dengan lontong/ketupat. Cara penyajian : potong-potong lontong /ketupat kemudian tata di atas piring / mangkuk, tambahkan suun, ayam suir,dan bahan lainnya kemudian siram kuah kaldu di atasnya,jangan lupa telur rebus,jeruk,sambal,kecap sebagai pelengkapnya.
Soto banjar is served in many restaurants throughout the province. Soto banjar is a soto made from chicken meat as its main ingredient, then added with various spices such as onion, white onion, cumin, fennel, and cinnamon to make the soto more savoury. Additional juice from lime makes this dish even more fresh. Resep dengan petunjuk video: Soto Banjar merupakan jenis soto yang berasal dari Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Meskipun soto banjar kuah susu sudah terkenal hingga seluruh nusantara, namun masih banyak bunda bunda atau sis yang belum paham bahwa soto banjar ini merupakan resep masakan ayam asli dari daerah kalimantan, Kalimantan Selatan. banyak yang mengira bahwa resep soto unik ini berasal dari daerah Banjarnegara.

Selamat mencoba resep soto banjar! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close