Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Banjar Anti Ribet!

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep soto banjar ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! soto banjar cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan.

Soto Banjar

Banyak orang tidak berani memasak soto banjar karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

This soto Banjar comes from the island of South of Kalimantan (Kalimantan Selatan), in particularly, the city of Banjarmasin (or. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala. Soto ayam banjar juga ada dua versi yakni soto banjar kuah bening dan masakan soto ayam Cara membuat soto banjar hampir sama dengan resep soto ayam lainnya seperti soto ayam lamongan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat memasak soto banjar hanya dengan menggunakan 27 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto banjar yuk!

Untuk membuat Soto Banjar, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 ekor of Ayam (potong 12).
  2. Siapkan 2 liter of air.
  3. Dibutuhkan 4 buah of kentang rebus (ukuran kecil).
  4. Dibutuhkan 4 butir of telur bebek rebus (ambil kuningnya).
  5. Gunakan 3/4 sdm of garam (sesuai selera).
  6. Ambil 1/2 sdm of gula pasir (sesuai selera).
  7. Siapkan of Bumbu halus.
  8. Ambil 7 siung of bawang merah.
  9. Sediakan 5 siung of bawang putih.
  10. Ambil 4 cm of jahe.
  11. Dibutuhkan 1/2 sdt of lada bubuk.
  12. Sediakan 1/2 sdt of pala bubuk.
  13. Diperlukan of Bumbu butiran.
  14. Diperlukan 5 btr of kapulaga (tekan hingga terbuka).
  15. Dibutuhkan 2 bh of bunga lawang.
  16. Dibutuhkan 10 cm of kayu manis.
  17. Sediakan 7 bh of cengkeh.
  18. Siapkan of Sambal.
  19. Diperlukan of Cabai rawit (rebus hingga mendidih lalu blender).
  20. Diperlukan of Pelengkap.
  21. Diperlukan Potongan of Ketupat/lontong.
  22. Gunakan 1 bks of Sohun (rendam air normal, tiriskan).
  23. Ambil 4 btr of telur ayam rebus.
  24. Siapkan 3 btg of seledri (iris halus).
  25. Ambil 2 btg of daun bawang (iris tipis).
  26. Ambil of Bawang goreng.
  27. Sediakan Potongan of jeruk nipis.

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Proses membuat Soto Banjar:

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan bumbu butiran masak hingga beraroma, masukkan potongan ayam aduk dengan api kecil hingga keluar sarinya, tambahkan air masak hingga mendidih..
  2. Blender kentang & kuning telur hingga halus, masukkan kedalam rebusan ayam tambahkan garam & gula pasir, aduk rata masak hingga ayam empuk. Tes rasa angkat..
  3. Tata pelengkap (lontong, sohun, daun bawang & seledri) dalam mangkuk siram dengan kuah panas tata potongan ayam, telur dan taburan bawang goreng diatasnya. Sajikan dengan perasan jeruk nipis & sambal, Selamat menikmati..
Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto banjar. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close