Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto sokaraja banyumas Anti Ribet!

Ingin membuat soto sokaraja banyumas yang nikmat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto sokaraja banyumas terbaik! soto sokaraja banyumas merupakan satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Soto sokaraja banyumas

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan soto sokaraja banyumas karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto sokaraja banyumas! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan terasa enak. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Soto di banyumas banyak yg terkenal dari soto sokaraja, soto jalan bank, soto sutri, dll. Tapi mungkin banyak yg ga kenal soto Sangka Banyumas atau biasa dikenal juga soto lama banyumas. Soto tersebut memiliki rasa yang khas karena dibubuhi sambal kacang Berbeda dengan soto Semarang atau Solo yang bening, soto khas Banyumas ini berkuah agak.

Kawan-kawan dapat menghidangkan soto sokaraja banyumas hanya dengan menggunakan 30 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto sokaraja banyumas yuk!

Untuk menyiapkan Soto sokaraja banyumas, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 500 gram of daging sapi.
  2. Ambil 2 liter of air putih.
  3. Sediakan 2 batang of serai memarkan.
  4. Dibutuhkan 100 gram of toge pendek.
  5. Diperlukan 2 SDM of kecap manis.
  6. Gunakan of Bahan bumbu halus untuk kuah soto:.
  7. Gunakan 10 siung of bawang putih.
  8. Dibutuhkan 8 siung of merah.
  9. Siapkan 7 butir of kemiri disangrai.
  10. Dibutuhkan 1 sdm of kunyit bubuk.
  11. Sediakan 2 Sdm of merica bubuk.
  12. Dibutuhkan 2 cm of jahe memarkan.
  13. Sediakan 2 cm of lengkuas memarkan.
  14. Gunakan Secukupnya of garam.
  15. Siapkan Secukupnya of gula pasir.
  16. Sediakan Secukupnya of kaldu jamur.
  17. Siapkan of Bahan pelengkap:.
  18. Ambil Secukupnya of daun bawang potong halus.
  19. Diperlukan Secukupnya of seledri potong halus.
  20. Sediakan of Kerupuk.
  21. Gunakan of Kacang goreng.
  22. Gunakan of Bahan untuk sambal kacang:.
  23. Siapkan 100 gram of kacang tanah goreng dan haluskan kemudian sisihkan.
  24. Siapkan 2 siung of bawang putih haluskan.
  25. Gunakan 4 siung of bawang merah haluskan.
  26. Siapkan 5 of cabe rawit haluskan.
  27. Siapkan Secukupnya of air asam matang.
  28. Gunakan Secukupnya of gula pasir.
  29. Gunakan of Cukupnya gula merah.
  30. Gunakan Secukupnya of air matang.

Soto Sokaraja ini sebenarnya sama dengan soto pada umumnya, yang membedakan dan menjadi ciri Makanan khas Purwokerto Banyumas ini disebut klanting karena bentuknya mirip dengan anting. Sroto Sokaraja adalah makanan khas masyarakat eks Karesidenan Banyumas, dengan bumbu khasnya berupa sambal kacang. Inilah yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto-soto lainnya. banyumas yaitu soto sokaraja khas banyumas. Soto sokaraja ini sangat terkenal sekali terutama.

Proses menyiapkan Soto sokaraja banyumas:

  1. Siapkan daging sapi, cuci bersih potong-potong sesuai selera, kemudian rebus hingga matang dan dagingnya empuk. Kemudian Siapkan bumbu untuk kuah soto yang sudah dihaluskan..
  2. Siapkan panci dan di beri minyak sedikit, kemudian tumis bumbu kuah soto hingga matang dan harum. Masukkan serai dan aduk hingga harum.
  3. Tambahkan air dan beri gula, garam, dan kaldu jamur, aduk hingga rata dan matang. jika sudah mendidih masukkan batang daun seledri, koreksi rasa, matikan api jika sudah matang.
  4. Untuk bumbu sambal kacang haluskan cabe rawit bawang merah, dan putih lalu tumis sampai harum, tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, Masukan gula merah, garam gula pasir kaldu jamur air putih dan air asam matang aduk sampai kental..
  5. Siapkan pelengkap untuk soto, lontong atau kupat, kecambah pendek, kacang goreng, seledri yang sudah dipotong,daun bawang yang sudah dipotong kemudian siram dengan kuah soto. Tambahkan kerupuk di atasnya, dan sambal kacang. soto sokaraja siap dihidangkan.
Memang dalam pembuatan soto sokaraja ini banyak sekali bahan-bahan yang harus disediakan. Stream Humor Banyumasan "KFC: Soto Sokaraja" by Arfino Irtondo from desktop or your mobile device.. Soto Sokaraja atau oleh masyarakat Banyumas disebut Sroto Sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia. Soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia. Resep Membuat Soto Sokaraja Banyumas Asli Lezat - Sebagai warga asli banyumas lagi-lagi kami akan memcoba membagikan resep masakan yang tentunya mempunyai rasa yang enak dan lezat.

Mudah bukan membuat soto sokaraja banyumas? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close