Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto ayam khas Banjarmasin Untuk Pemula!

Coba resep soto ayam khas banjarmasin sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! soto ayam khas banjarmasin, makanan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Soto ayam khas Banjarmasin

Kebanyakan orang tidak berani memasak soto ayam khas banjarmasin karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam khas banjarmasin! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Maka tidak heran jika seringkali kita Seakan-akan setiap kota memiliki soto yang khas dan berbeda dari yang lain. Cita rasa dan cara Penjual soto ayam memang sudah menjamur. Tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuat.

Teman-teman dapat menghidangkan soto ayam khas banjarmasin hanya dengan menggunakan 29 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto ayam khas banjarmasin!

Untuk menyiapkan Soto ayam khas Banjarmasin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ayam kampung.
  2. Siapkan 5 of telur itik rebus.
  3. Siapkan 3 buah of Ketupat siap pakai.
  4. Diperlukan 10 biji of Perkedel singkong (resep ada di kumpulan resep sebelumnya).
  5. Gunakan of Sohun (rendam air panas).
  6. Sediakan 3 batang of Seledri cincang untuk taburan.
  7. Diperlukan of Bawang goreng secukupnya untuk taburan.
  8. Diperlukan of Minyak goreng.
  9. Sediakan 2 liter of air.
  10. Gunakan 150 ml of susu cair (saya skip).
  11. Siapkan of Bumbu yang dihaluskan.
  12. Dibutuhkan 10 siung of bawang merah.
  13. Diperlukan 8 siung of bawang putih.
  14. Sediakan 1/2 biji of bawang bombay.
  15. Diperlukan 1 sdt of merica bubuk.
  16. Sediakan 1/2 sdt of adas manis.
  17. Sediakan 1/2 sdt of kaskas.
  18. Diperlukan 2 cm of biji pala.
  19. Sediakan 4 cm of jahe.
  20. Sediakan secukupnya of Garam.
  21. Diperlukan 1 sdt of Penyedap jamur.
  22. Siapkan Secukupnya of gula pasir.
  23. Dibutuhkan of Bumbu lain.
  24. Diperlukan 5 siung of bawang putih (rajang-goreng-ulek).
  25. Dibutuhkan 1 sdm of margarine.
  26. Dibutuhkan 5 biji of bunga cengkeh.
  27. Ambil 5 butir of kapulaga.
  28. Dibutuhkan 4 cm of kayu manis.
  29. Gunakan 2 buah of bunga lawang.

Jakarta - Soto ayam termasuk soto populer di Indonesia. Racikannya berbeda di tiap daerah seperti di Lamongan hingga Banjarmasin. Foto: Instagram voilajogja Bisa dibilang soto Lamongan adalah jenis soto ayam terpopuler. Asalnya dari Lamongan, Jawa Timur dengan ciri khas rasa gurih yang..

Cara memasak Soto ayam khas Banjarmasin:

  1. Rebus ayam dengan api kecil.
  2. Blender bumbu yang dihaluskan, tambahkan sedikit minyak agar mudah diblender. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan bunga lawang, cengkeh,kapulaga dan kayu manis sampai harum. Goreng bawang putih yang sudah dirajang dan haluskan.
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis beserta ulekan bawang goreng. Masak sampai daging ayam empuk, Angkat ayam dan suir. Masukkan garam, gula, dan bumbu penyedap. Koreksi rasa. Terakhir masukkan margarine.
  4. Potong tipis ketupat, hidangkan bersama ayam suir,perkedel, telur itik rebus, sohun dan taburan bawang goreng dengan daun seledri cincang.
Which one, they serve Soto Banjar with the characteristic of Banjar's Satay. The taste of food is the best. Ayam Masak Habang khas Banjarmasin ( foto: Lestari Putri Channel/ youtube). GenPI.co - Ayam adalah bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan lezat dan nikmat. Biasanya, ayam diolah menjadi ayam goreng, opor ayam atau sate ayam.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam khas banjarmasin hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close