Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto tangkar betawi yang Menggugah Selera!

Ingin tau rahasia bikin soto tangkar betawi yang lezat? Tidak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto tangkar betawi terbaik! soto tangkar betawi merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Soto tangkar betawi

Pada umumnya orang sudah minder duluan soto tangkar betawi karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar betawi! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar atau tulang iga. Dilansir dari buku Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita karya Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia. Tak itu saja, soto tangkar sebagai bagian dari kuliner Betawi juga mengalami percampuran budaya antara "Ada beberapa ya (silang budaya) seperti ragam soto betawi dan tangkar yang mana itu.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat menghidangkan soto tangkar betawi hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto tangkar betawi!

Untuk memasak Soto tangkar betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 kg of iga sapi.
  2. Sediakan 1,5 liter of air.
  3. Diperlukan 500 ml of santan kental.
  4. Dibutuhkan 2 batang of sereh geprek.
  5. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  6. Sediakan 3 lembar of daun jeruk.
  7. Gunakan 2 sdm of gula merah sisir.
  8. Sediakan 1 jempol of lengkuas geprek.
  9. Ambil secukupnya of garam.
  10. Ambil 1 of sct kaldu bubuk sapi (aku pakai royco sapi).
  11. Gunakan of bumbu halus šŸ‘‡.
  12. Dibutuhkan 10 buah of bawang merah.
  13. Ambil 5 siung of bawang putih.
  14. Ambil 5 buah of kemiri.
  15. Siapkan 4 buah of cabai merah besar.
  16. Dibutuhkan 1 sdm of ketumbar.
  17. Ambil 1 sdt of jintan.
  18. Siapkan 1 ruas jari of jahe.
  19. Ambil 1 ruas jari of kunyit.
  20. Ambil 1/2 sdt of lada halus.
  21. Gunakan of pelengkapšŸ‘‡.
  22. Gunakan of daun bawang.
  23. Diperlukan of jeruk nipis.
  24. Dibutuhkan of sambal.
  25. Gunakan of emping melinjo.

Resep Soto tangkar betawi oleh Susan Mellyani. Resep ini sy dpt dr buku aneka resep masakan,jujur yah soal rasa udh maksimal bgt buat aku sih,suami jg blg ini enak. Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi.

Cara memasak Soto tangkar betawi:

  1. Siapkan bahan2,Presto iga sapi dgn 1,5 liter air hingga empuk,bisa jg di rebus dgn api kecil hingga empuk,setelah empuk angkat dan tiriskan,saring air kaldunya,sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan rempah lainnya hingga harum dan semua bumbu matang,lalu masukan iga dan air kaldu,tgu hingga mendidih.
  3. Masukan kaldu bubuk,garam,gula,biarkan mendidih kembali.
  4. Masukan santan,aduk2 hingga mendidih lg,biarkan tanak biar ga cpt basi,lalu angkat dan sajikan dgn pelengkapnya šŸ˜Š bumbu ga sy pakein cabe moms biar anak2 balitaku bs ikt mkn jg,makanya warnanya pucat šŸ˜†.
Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sekilas, soto ini mirip dengan soto betawi pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan. Soto tangkar - also Betawi specialty soto made of chopped goat or beef ribs (Betawi:tangkar) and beef brisket cooked in coconut milk soup spiced with turmeric, garlic, shallot, chili, pepper, candlenut. Resep Soto Tangkar, Hidangan Khas Betawi yang Selalu Lestari. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto tangkar betawi hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close