Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Kue Lapis Betawi (Kue Pepe) Untuk Pemula!

Coba resep kue lapis betawi (kue pepe) sebagai hidangan istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan kue lapis betawi (kue pepe) ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Kue Lapis Betawi (Kue Pepe)

Kebanyakan orang tidak berani memasak kue lapis betawi (kue pepe) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue lapis betawi (kue pepe)! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Resep Kue Pepe Sagu Kukus Khas Betawi, Jakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Kue pepe atau disebut juga kue lapis sagu kukus ini rasanya Kue pepe adalah kue tradisional berlapis-lapis sering disebut lapis Betawi yang masih termasuk aneka kue basah jajanan pasar yang menggunakan. Cari produk Kue Basah lainnya di Tokopedia.

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menghidangkan kue lapis betawi (kue pepe) hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kue lapis betawi (kue pepe)!

Untuk memasak Kue Lapis Betawi (Kue Pepe), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan endapan pandan :.
  2. Gunakan 6 lbr of Daun pandan.
  3. Diperlukan 20 lbr of Daun pandan suji.
  4. Gunakan 100 ml of Air.
  5. Diperlukan of Bahan santan :.
  6. Dibutuhkan 1400 ml of Santan dari 1 btr kelapa.
  7. Sediakan 1 btg of Sereh.
  8. Sediakan 10 lbr of Daun jeruk.
  9. Diperlukan 360 gr of Gula pasir.
  10. Dibutuhkan 1 sdt of Garam.
  11. Dibutuhkan of Bahan lain :.
  12. Gunakan 500 gr of Tepung tapioka.
  13. Diperlukan 40 gr of Tepung beras.
  14. Gunakan Secukupnya of Pewarna makanan merah tua.
  15. Sediakan Secukupnya of Daun pisang, baking paper atau plastik tahan panas untuk alas.
  16. Sediakan Secukupnya of minyak untuk mengoles.

Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Kue-kue tersebut biasanya disajikan saat acara-acara besar adat Betawi seperti penikahan atau Lebaran Betawi. Menurut situs web Indonesia.go.id, salah satu kue khas Betawi yang saat ini sangat sulit ditemui adalah geplak. Beberapa kawasan atau daerah yang memiliki penduduk mayoritas.

Cara menghidangkan Kue Lapis Betawi (Kue Pepe):

  1. Potong2 daun pandan dan suji. Masukkan dalam blender beserta air lalu blender hingga halus. Saring dan endapkan semalaman. Pakai hasil endapannya saja..
  2. Masak santan, sereh dan daun jeruk hingga mendidih. Matikan api, masukkan gula pasir dan garam lalu aduk hingga larut. Dinginkan lalu saring..
  3. Dalam wadah campur dan aduk rata tepung tapioka dan tepung beras. Tuang larutan santan yang sudah dingin secara bertahap. Aduk hingga larut dan tidak bergerindil..
  4. Ambil 120 ml dari adonan lalu beri pewarna merah, aduk rata, sisihkan. Bagi sisa adonan menjadi 2 bagian. 1 bagian adonan campur dengan endapan pandan, aduk rata, sisihkan..
  5. Tuangkan 120 ml adonan putih ke dalam loyang yang sudah dialas dan dioles minyak secukupnya. Kukus selama 5 menit dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Sesudah 5 menit buka tutupnya, tuangkan 120 ml adonan hijau lalu tutup dan kukus kembali selama 5 menit. Lakukan sampai adonan putih dan hijau habis. Jangan lupa mengaduk adonan setiap mau menuangkan..
  6. Setelah adonan habis, tuangkan adonan merah lalu tutup dan kukus selama 30 menit. Matikan api dan biarkan hingga kue benar2 dingin dan memadat. Keluarkan kue dengan melepaskan bagian sisi2nya. Potong2 dengan menggunakan pisau plastik yang dioles minyak..
Kue Pepe (Lapis Sagu) Recipe - Indonesian Steamed Layered Sago Cake. In the west part of Java especially the Betawinese calls it kue pepe and other regions call kue lapis sagu. I found two different recipes, once was posted at Haramain's Kitchen and another one was from my cookbook, The Best of. Resep Kue Lapis - Anda dapat membuat kue sebagai camilan yang menemani waktu bersantai Anda. Salah satunya adalah membuat kue lapis.

Selamat mencoba resep kue lapis betawi (kue pepe)! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close