Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tahu lontong sambal petis Anti Gagal!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep tahu lontong sambal petis ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! tahu lontong sambal petis pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Tahu lontong sambal petis

Sebagian Besar orang takut mulai memasak tahu lontong sambal petis karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari tahu lontong sambal petis! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Resep sambal Petis atau yang sering disebut sambal petis adalah kumpulan dalam masakan Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan yang berkuah. Biasanya dari pindang ikan, kupang, atau biasa yang sering di gunakan yaitu udang yang dipanaskan hingga cairan. Sambal petis seperti namanya, terbuat dari campuran petis.

Teman-teman dapat memasak tahu lontong sambal petis hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin tahu lontong sambal petis yuk!

Untuk membuat Tahu lontong sambal petis, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Lontong / kupat yg sudah siap santap.
  2. Gunakan of Tahu putih.
  3. Siapkan of Bahan sambal:.
  4. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  5. Siapkan secukupnya of Cabe rawit merah.
  6. Diperlukan Sedikit of kacang tanah goreng (sy 2 sdm).
  7. Ambil secukupnya of kecap manis.
  8. Ambil 2 sdm of petis siap saji.
  9. Ambil 50 ml of air mateng.
  10. Ambil of Pelengkap:.
  11. Sediakan of Tauge pendek.
  12. Diperlukan of Daun kucai.

Rasanya yang gurih dan pedas cocok untuk dijadikan teman makan, terutama cocolan tahu. Berikut ini resep sambal petis praktis berdasarkan buku "Kumpulan Resep Sambal dan Masakan Indonesia Rumahan" karya Mika Hadi. Ikuti Video Masak cara membuat lontong mie sambal petis. Potong lontong, tahu, lentho dan tauge, beri sayur tauge diatasnya dan tambahkan bawang goreng.

Proses membuat Tahu lontong sambal petis:

  1. Siapkan smua bahan sambal cuci bersih sisihkan. Juga kucai dan tauge pendek. Untuk tauge siram dengan air panas sebentar yaa lalu di buang airnya.
  2. Sambal : Goreng cabe dan bawang putih sampai agak layu lalu haluskan bersama kacang tanah pindahkan ke wadah tambahkan kecap dan petis aduk rata lalu tambahkan air hangat 50 ml aduk rata dan sisihkan.
  3. Cara penyajian: potong2 lontong dan beri tahu goreng diatasnya tambahkan tauge dan kucai siramkan di atasnya dengan bahan sambal. Nikmat dimakan saat tahunya jg masih baru d goreng 😊 selamat mencoba👍.
  4. Saya buat ini untuk 2 porsi yaa bila mau lebih banyak bisa d sesuaikan sendiri 😊.
Tahu gimbal tidak hanya terdiri dari udang tepung dan tahu saja,tetapi kuliner satu ini juga terdiri dari bahan lain, yakni seperti taoge, kol, lontong, telur, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut disiram dengan menggunakan sambal pecel atau petis khas Semarang. Tidak ketinggalan sambal petis yang merupakan ciri khas lontong balap. Seporsi lontong balap berisi lontong itu sendiri, potongan tahu goreng, tauge, bawang goreng, sambal petis, kecap, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah Lentho. Penyajian: Masukkan lontong, taoge, suun dan tahu dalam mangkuk.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat tahu lontong sambal petis hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close