Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kue Pepe Tenun Untuk Pemula!

Sedang nyari resep kue pepe tenun yang paling sedap? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep kue pepe tenun terbaik! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan kue pepe tenun! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Kue Pepe Tenun

Sebagian Besar orang tidak berani memasak kue pepe tenun karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue pepe tenun! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat memasak kue pepe tenun hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue pepe tenun yuk!

Untuk memasak Kue Pepe Tenun, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1200 ml of santan.
  2. Dibutuhkan 250 gr of tepung tapioka.
  3. Diperlukan 250 gr of tepung terigu.
  4. Siapkan 1/2 sdt of garam.
  5. Diperlukan 1/4 sdt of vanili.
  6. Siapkan of Bahan Tambahan.
  7. Ambil 3 sdm of terigu (masing² warna adonan 1sdm).

Cara menghidangkan Kue Pepe Tenun:

  1. Rebus santan beserta gula pasir, garam dan vanili hingga mendidih. Sisihkan hingga dingin..
  2. Campur semua bahan, aduk rata. Saring untuk mendapatkan adonan yg lebih halus. Aku menakar hasil adonan yg didapat, ternyata adalah 1600 ml. 800 ml untuk adonan putih, 290 ml untuk adonan biru, @170 ml untuk adonan merah kuning hijau. Terserah sih mau seberapa banyak ml nya, tapi yg pasti adonan putih harus banyak krn tiap lapis pasti diberi warna putih..
  3. Didihkan air di kukusan, alasi tutup kukusan dg serbet bersih. Karena pepe tenun ini prosesnya berjam², hati² ya air di kukusan jangan sampai KERING! Oia, untukku tinggi rendahnya kukusan berpengaruh, tadinya aku pake yg tinggi eh ternyata agak menyulitkanku untuk nuang adonan garisnya, jadinya ku ganti dg yg pendek. Tuang adonan biru, tunggu sekitar 3-5 menit lalu tuang adonan putih, tunggu lagi 3-5 menit. Tuang perlahan adonan warna dari posisi pinggir, tengah dan kanan. Kukus 2-4 menit..
  4. Tuang adonan putih tipis saja agar warna adonan masih keliatan, kukus 2-4 menit. Lakukan kembali tuang adonan warna ke arah sebelahnya (kalo aku ke kanan), kukus 2-4 menit. Timpa kembali dg adonan putih tipis, kukus 2-4 menit. Lakukan hal tsb sampai sesuai keinginan motif tenunnya sampai berapa baris/bisa sampai mentok..
  5. Terakhir, tutup dg adonan biru. Kukus selama 25-30 menit..
  6. Keluarkan dari kukusan, tunggu hingga suhu ruang. Boleh langsung dipotong atau kalo mau lebih set lagi masukkan ke kulkas. Jangan lupa ya pisaunya masukkan ke dalam plastik/oles minyak sayur. Kalo bisa sih krn ini pake loyangnya lebar, jadi lebih enak pake pisau yg lebih panjang dr loyangnya jadi langsung sekali potong dan hasilnya cantik ga gradakan 😅..

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue pepe tenun. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close