Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Terong Teri Sambal Tomat Anti Ribet!

Ingin masak terong teri sambal tomat yang lezat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep terong teri sambal tomat terbaik! Hadirkan terong teri sambal tomat untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Terong Teri Sambal Tomat

Pada umumnya orang tidak berani memasak terong teri sambal tomat karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari terong teri sambal tomat! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Masakan yang tidak atau kurang pedas juga di mulut sebagian orang terasa hambar & agak kurang menggugah selera. Sambal Bawang Tomat termasuk salahsatu Sambal Favorit yang mana memiliki Rasa Khas Sambal yang berbahan dasar ikan teri segar ini diolah dengan menggunakan Cabai Keriting Sambal Terong adalah Sambal berkuah yang diolah dengan sambal gongso berbahan dasar terong kualitas terbaik. Sambal terong sebagai salah satu jenis sambal yang telah terbiasa di lidah orang Indonesia ini cocok sebagai penambah selera makan.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat memasak terong teri sambal tomat hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin terong teri sambal tomat yuk!

Untuk memasak Terong Teri Sambal Tomat, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 350 gram of terong ungu.
  2. Sediakan 50 gram of teri medan.
  3. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  4. Ambil of Bumbu halus uleg kasar:.
  5. Ambil 7 siung of bawang merah.
  6. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  7. Ambil 3 buah of tomat hijau (saya pakai tomat matang).
  8. Ambil 10 buah of cabe hijau besar (saya skip).
  9. Siapkan 4 buah of cabe rawit hijau (saya skip).
  10. Sediakan of (cabe saya ganti 5 buah cabe rawit merah).
  11. Sediakan of Bumbu cemplung:.
  12. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  13. Siapkan 1 ruas jari of lengkuas geprek.
  14. Siapkan 1/2 sdm of garam.
  15. Diperlukan 1 sdm of gula pasir.
  16. Siapkan 50 ml of air.

Semua orang pasti mengetahui cara membuat sambal terong, namun cara yang dijabarkan disini lebih mantab lho! Mulai dari sambal tomat, sambal bawang, sambal belacan, sambal ijo hingga sambal matah yang begitu menyegarkan. Dilansir dari Brilio.net, berikut kami telah merangkum beberapa cara membuat sambal tomat, bawang, hingga teri yang pedas dan mudah dipraktikkan. Resep Sambal Teri Pete by @intankarinaijo.

Langkah-langkah menghidangkan Terong Teri Sambal Tomat:

  1. Siapkan semua bahan. Terong dicuci bersih, dipotong-potong memanjang kemudian direndam dengan 1/2 sdt garam. Teri medan cukup disiram air sebentar..
  2. Bumbu halus diuleg kasar..
  3. Terong digoreng hingga kecoklatan, demikian juga teri medan digoreng hingga garing..
  4. Tumis bumbu uleg hingga harum, kemudian masukan daun salam, lengkuas dan air..
  5. Masukan terong, teri medan, garam dan gula, kemudian aduk hingga rata..
  6. Terong teri sambal tomat sudah matang, dimakan pakai nasi hangat...mantul👍.
Resep dengan petunjuk video: Biasanya sambal khas Jawa Barat ini enak banget kalau dimakan bareng tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng atau ayam goreng. Resep Petai Balado ini enak banget,simpel,bisa di mix sama Udang,ikan Teri.ato terong. Slice the aubergine and sprinkle it with salt; leave to stand for half an hour, then rinse and dry. Cut up the tomatoes and remove the seeds. Crush the terasi and garlic together.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat terong teri sambal tomat. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close