Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Soto Banjar Ayam petelur Anti Gagal!

Bosen dengan menu makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep soto banjar ayam petelur ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! soto banjar ayam petelur salah satu hidangan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Soto Banjar Ayam petelur

Kebanyakan orang tidak berani memasak soto banjar ayam petelur karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto banjar ayam petelur! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Teman-teman dapat menyiapkan soto banjar ayam petelur hanya dengan menggunakan 38 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto banjar ayam petelur yuk!

Untuk memasak Soto Banjar Ayam petelur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ayam petelor belah jadi 4 bagian.
  2. Diperlukan 2500 ml of Air.
  3. Sediakan of Bumbu halus.
  4. Siapkan 20 biji of bawang merah.
  5. Ambil 10 biji of bawang putih.
  6. Gunakan 2 cm of jahe.
  7. Gunakan 1 sdm of Kas kas.
  8. Sediakan 1 cm of Pala.
  9. Gunakan 4 butir of Merica.
  10. Gunakan 1 sdm of Adas manis.
  11. Diperlukan 2 lembar of ganti2 rendam air hangat.
  12. Sediakan 2 biji of kenari.
  13. Dibutuhkan 15 biji of kapulaga.
  14. Siapkan of Bumbu dan bahan cemplung.
  15. Gunakan 1 batang of kayu manis.
  16. Dibutuhkan 3 biji of Bunga lawang.
  17. Dibutuhkan 4 biji of Cengkeh.
  18. Dibutuhkan 1 biji of kentang yang dihaluskan.
  19. Diperlukan of Bawang putih goreng yang dihaluskan.
  20. Gunakan 1 batang of daun bawang.
  21. Siapkan 1 butir of kuning telur.
  22. Diperlukan 1 sdm of susu bubuk/susu cair khusus sop.
  23. Diperlukan of Garam.
  24. Dibutuhkan of Gula.
  25. Gunakan 2 biji of Maggi blok rasa ayam.
  26. Sediakan of Royco rasa ayam.
  27. Gunakan optional of Penyedap.
  28. Siapkan of Pelengkap soto banjar.
  29. Ambil of Ketupat.
  30. Sediakan of Telur rebus ayam/bebek.
  31. Ambil of Soun.
  32. Diperlukan of Perkedel.
  33. Sediakan of Wortel(boleh skip).
  34. Sediakan of Daun sop.
  35. Dibutuhkan of Bawang goreng.
  36. Gunakan of Sambal.
  37. Siapkan of Jeruk nipis/limau kuit.
  38. Dibutuhkan of Kecap manis/asin.

Cara membuat Soto Banjar Ayam petelur:

  1. Langkah pertama rendam soun,rebus kentang dan telur,sisihkan.Didihkan air 2500 ml kemudian masukan ayam yang telah siap. Blender bumbu halus sampai sangat halus kemudian tumis bumbu dengan minyak/margarin tumis sampai bumbu wangi dan mengeluarkan minyak..
  2. Setelah bumbu matang masukan bumbu ke air rebusan ayam Masukan kayu manis,cengkeh dan bunga lawang,kemudian masukan daun bawang beri garam,gula,maggi royco,masukan kentang yg sudah dihaluskan kedalam air soto,masukan juga kuning telur dan susu yang sudah dikocok dan tambahkan dengan air soto kemudian masukan kedalam panci air soto(kuning telur dikocok dulu dimangkuk tambahkan air soto kocok lagi masukan ke dalam panci air soto,waktu membuat kecilkan api aduk cepat jangan sampai bergerindil..
  3. Masukan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan.Koreksi rasa bila sudah pas rasanya maka bisa dimatikan kompornya.Penggunaan kuning telur dan susu bisa diskip jika mau kuah soto bening saja,maka cukup dengan kentang tumbuk saja. Angkat keluarkan ayam dari air soto.kemudian suwir2 daging ayam.bagian tulangnya, sayap dan paha masukan kembali kedalam panci air soto..
  4. Cara menyiapkan soto potong2 ketupat disini irisan ketupat kecil2,kemudian tambahkan soun,wortel rebus(bisa diskip wortel)telur rebus yang sudah diiris2,ayam suwir,daun sop dan bawang goreng.kemudian baru tambahkan air kuah soto kedalam piring.sajikan dengan pelengkapnya perkedel,sambal,jeruk nipis/limau kuit. Sambal dan jeruk wajib.makan soto terasa kurang lengkap tanpa sambal dan jeruk..
  5. Cara membuat perkedel untuk soto banjar haluskan kentang tambahkan 1 biji bawang putih(tergantung banyak kentangnya)tambahkan irisan daun sop sedikit beri garam sedikit gula aduk ratakan bentuk bulatan agak pipih.celupkan kedalam kocokan telur kemudian goreng.angkat dan tiriskan.
  6. Cara membuat sambal soto pedas resep mama: 3 biji bawang merah 2 biji bawang putih ditambah1 ons cabe rawit dan 1 biji cabe merah,sedikit terasi seujung jari sebagai penguat rasa, tambahkan air 300 ml kemudian diblender jangan sampai terlalu halus.tuang dalam wajan tambahkan minyak goreng 50 ml,garam,gula,penyedap.masak sampai sambal matang dan menyusut airnya.koreksi rasa..

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto banjar ayam petelur. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close