Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan SOTO BANJAR ala teh OPIBUN yang Sempurna!

Sedang nyari resep soto banjar ala teh opibun yang paling enak? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto banjar ala teh opibun terbaik! Sajian soto banjar ala teh opibun ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

SOTO BANJAR ala teh OPIBUN

Sebagian Besar orang tidak berani memasak soto banjar ala teh opibun karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto banjar ala teh opibun! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Anda yang ingin menikmati kelezatan dari soto Banjar dapat mencoba. At mid day, sometime local musician play "gambus" instrument. Berita dan foto terbaru soto banjar - Resep Soto Banjar Ala Agus Sasirangan, Cocok jadi Menu Sahur dan Berbuka Puasa.

Kamu dapat menghidangkan soto banjar ala teh opibun hanya dengan menggunakan 26 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto banjar ala teh opibun!

Untuk memasak SOTO BANJAR ala teh OPIBUN, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 ekor of ayam, potong 12, aq ganti sama potongan paha bawah semua.
  2. Siapkan 4 buah of kentang, rebus, sebaiknya gak terlalu besar.
  3. Diperlukan 2 liter of air.
  4. Gunakan 4 butir of telur bebek, rebus, ambil kuningnya.
  5. Ambil Secukupnya of garam dan gula.
  6. Ambil of bumbu halus.
  7. Dibutuhkan 7 butir of bawang merah.
  8. Dibutuhkan 5 butir of bawang putih.
  9. Dibutuhkan 4 cm of jahe.
  10. Ambil 1/2 sdt of lada bubuk.
  11. Gunakan 1/2 sdt of pala bubuk.
  12. Diperlukan of bumbu butiran.
  13. Ambil 5 butir of kapulaga, tekan dgn jari sampai terbuka.
  14. Siapkan 10 cm of kayumanis.
  15. Ambil 2 buah of bunga lawang.
  16. Diperlukan 7 buah of cengkeh.
  17. Sediakan of pelengkap.
  18. Diperlukan 5 buah of ketupat / lontong.
  19. Diperlukan 1 bungkus of Soun / bihun jagung, seduh dan tiriskan.
  20. Ambil 4 butir of telur ayam, rebus.
  21. Gunakan 3 btng of seledri iris tipis.
  22. Sediakan 2 btng of daun bawang iris tipis.
  23. Dibutuhkan secukupnya of Bawang goreng.
  24. Gunakan 2 bh of jeruk nipis.
  25. Diperlukan of sambal.
  26. Siapkan 10 butir of cabe rawit merah, rebus dan blender dgn air matang.

REMPAH (semua bhn d'kisar halus): bwg (merah & putih) halia lengkuas serai ketumbar. Letak keunikan kuliner soto banjar asli yakni bumbu soto khas banjar ini menggunakan bahan spesial yakni susu cair yang tidak ditemukan pada resep Meskipun soto banjar kuah susu sudah terkenal hingga seluruh nusantara, namun masih banyak bunda bunda atau sis yang belum paham bahwa. Soto Banjar adalah menu utama yang ditawarkan di depot ini. Selain soto, depot ini juga menyediakan menu pendamping, yakni sate ayam.

Cara menghidangkan SOTO BANJAR ala teh OPIBUN:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu butiran.. masak hingga beraroma.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk2.. masak dengan api kecil hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan sarinya...
  3. Tambahkan air, masak hingga mendidih.
  4. Haluskan kentang rebus dan kuning telur bebek sampai tercampur rata, masukkan ke dlm rebusan ayam, aduk rata.. masak hingga ayam menjadi empuk.. lakukan tes rasa.
  5. Cara menyajikan: dalam mangkok, tata potongan ketupat/lontong, soun/bihun, irisan daun bawang n seledri dan bawang goreng.. beri potongan/suwiran ayam, siramkan kuah soto ke atasnya.. sajikan dengan sambal, jeruk nipis dan kecap manis jika suka.
Daging sate ayam yang empuk dengan dilumuri warna coklat kental bumbu kacang, semakin menambah gurih dan manis kudapan Soto Banjar. Soto Banjar merupakan soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan yang menggunakan daging ayam kampung dan telur bebek. Ditemani dengan aneka gorengan, sate puyuh, ati ampela, sate usus dan teh manis hangat. Wah, nikmat dunia deh kalau makannya pakai soto! Saya pernah membuat soto Banjar sebelumnya, resepnya bisa diklik pada link disini.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto banjar ala teh opibun. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close