Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Sayur Lompong dengan Keong/Tutut yang Sempurna!

Ingin tau rahasia bikin sayur lompong dengan keong/tutut yang enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sayur lompong dengan keong/tutut terbaik! sayur lompong dengan keong/tutut pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin meriah.

Sayur Lompong dengan Keong/Tutut

Pada umumnya orang sudah minder duluan sayur lompong dengan keong/tutut karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sayur lompong dengan keong/tutut! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Di kota tempat saya lahir, Pekalong. Apakah Gansis tahu mengenai sayur lompong? Sayur ini berasal dari batang talas.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat membuat sayur lompong dengan keong/tutut hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sayur lompong dengan keong/tutut!

Untuk menyiapkan Sayur Lompong dengan Keong/Tutut, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil secukupnya of keong (saya pake sebaskom).
  2. Sediakan seikat of lompong(batang talas hijau muda).
  3. Diperlukan segenggam of cabe rawit.
  4. Diperlukan 5 siung of bawang putih.
  5. Ambil 7 siung of bawang merah.
  6. Dibutuhkan 4 butir of kemiri.
  7. Siapkan 1 sdt of ketumbar.
  8. Sediakan 3 cm of kencur.
  9. Ambil 5 lembar of daun jeruk.
  10. Siapkan 2 cm of lengkuas.
  11. Diperlukan 2 lembar of daun salam.
  12. Ambil secukupnya of garam dan gula.

Bisa dimanfaatkan pula untuk membuat botok ikan dan memasak keong sawah berkuah atau tutut. Rasanya segar dengan aroma agak menyengat. Untuk membuat sayur batang talas atau sayur lompong atau sayur poloy tidak sembarangan talas meskipun memang banyak macamnya yang bisa disayur. Gambar di samping ini adalah jenis pohon talas yang bisa dimasak atau dibuat sayur.

Proses membuat Sayur Lompong dengan Keong/Tutut:

  1. Bersihkan keong (saya cuci sampai 4 kali). Lalu potong ujung cangkangnya agar mudah menyeruputnya. Kemudian rebus keong sampai mendidih..
  2. Setelah mendidih, cuci lagi keongnya. Kemudian ganti rebus batang lompongnya (sebelumnya cuci dulu ya..biar tidak gatal pas makannya) sampai mendidih juga. Lalu saring dan cuci lagi..
  3. Ini penampakan keong dan lompongnya yang siap diolah.
  4. Didihkan air sekitar 3 liter. Kemudian masukan bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan lengkuas..
  5. Setelah mendidih lagi, masukan batang lompongnya dan keong. Masak sampai mendidih lagi..
  6. Bumbui dengan garam dan gula. Cek rasa. Kalau sudah pas tunggu matang dan sayur lompong keong siap dinikmati. Dan keongnya siap diseruput..
  7. .
Tutut atau disebut juga Keong Sawah, Keong Gondang, Siput Sawah atau Siput Air. Tutut memiliki warna cangkang hijau pekat hingga kehitaman. Masyarakat Sunda biasanya mengolah Tutut menjadi Sayur Tutut Bumbu Kuning atau digoreng kering. enaknya sayur lompong bikinan mertua. monggo bisa di coba resepnya di rumah ya teman teman. salam dari kami keluarga. MENU BUKA PUASA " SAYUR LOMPONG RASANYA GAK KALAH SAMA GULAI DAGING SAPI jika mau tau lebih lanjut dengan. Memasak sayur lompong tidak perlu dengan umbi talasnya ya. mungkin bagi anda yang belum pernah merasakan bagaimana rasa dari sayur lompong akan penasaran dan menerka bagaimana cara mengolahnya menjadi masakan lezat.

Selamat mencoba resep sayur lompong dengan keong/tutut! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close