Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Ayam Betawi Aduhai Kekinian

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep soto ayam betawi aduhai ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Perkaya koleksi resepmu dengan soto ayam betawi aduhai! Menu spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Soto Ayam Betawi Aduhai

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan soto ayam betawi aduhai karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam betawi aduhai! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa nikmat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menyiapkan soto ayam betawi aduhai hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto ayam betawi aduhai yuk!

Untuk memasak Soto Ayam Betawi Aduhai, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bumbu yang dihaluskan.
  2. Sediakan 10 siung of bawang merah.
  3. Ambil 10 siung of bawang putih.
  4. Sediakan 3 buah of cabai rawit (selera untuk menambahkan warna dan harum).
  5. Ambil 7 buah of kemiri pecahan (disangrai).
  6. Dibutuhkan 2 ruas of kunyit (sebesar ibu jari).
  7. Ambil 2 ruas of jahe (sebesar ibu jari).
  8. Ambil of Bumbu dapur.
  9. Gunakan 3 batang of sereh.
  10. Siapkan 7 lembar of daun jeruk.
  11. Dibutuhkan 7 lembar of daun salam.
  12. Diperlukan of Bahan utama.
  13. Ambil 1/2 ekor of ayam.
  14. Siapkan 1/2 butir of kelapa parut (bisa diganti 5 buah santan kara).
  15. Dibutuhkan 500 ml of air untuk merebus.
  16. Diperlukan Secukupnya of Lada bubuk.
  17. Diperlukan Secukupnya of Penyedap rasa Ayam.
  18. Siapkan of Bahan pelengkap.
  19. Dibutuhkan 1/4 gr of emping (digoreng).
  20. Sediakan 4 buah of tomat segar.
  21. Sediakan 3 buah of jeruk nipis.
  22. Sediakan 3 buah of kentang (potong dadu lalu goreng).

Proses memasak Soto Ayam Betawi Aduhai:

  1. Blender semua bumbu halus kemudian tumis dengan minyak agak banyak di api kecil hinggal bumbu harum matang dan berwana kuning kecoklatan.
  2. Rebus ayam dengan bumbu dapur sampai matang (buang buih2 di coklat pada saat merebus) air rebusan ayam tetap dipakai sebagai penambah air kaldu..
  3. Masukan bumbu halus yang sudah ditumis kedalam air rebusan ayam sampai ayam berwarna agak menguning lalu tiriskan ayamnya untuk suwiran soto.
  4. Masukan santan kara dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Masukan lada, penyedap rasa ayam secukupnya saja (1sachet) supaya tdk terlalu hambar..
  5. Terakhir hidangkan dimangkuk kentang yang sudah digoreng, irisan tomat, emping, suwiran ayam, daun bawang semua secukupnya (beri sedikit lada bubuk, garam, penyedap rasa, kecap asin, kecap manis, perasan jeruk nipis) untuk menambah rasa. Lalu tuang kuah soto kemangkuk, soto ayam betawi aduhai siap disantap..

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam betawi aduhai hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close