Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Goreng Serundeng Kelapa Anti Ribet!

Ingin bikin ayam goreng serundeng kelapa yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ayam goreng serundeng kelapa terbaik! ayam goreng serundeng kelapa cocok untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Sebagian Besar orang takut mulai memasak ayam goreng serundeng kelapa karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Masukan kelapa parut aduk dan tambahkan santan serta berikan bumbu perasa. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Teman-teman dapat menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ayam goreng serundeng kelapa!

Untuk membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 ekor of ayam, potong sesuai selera.
  2. Sediakan 1/2 buah of jeruk nipis.
  3. Dibutuhkan 100 gr of kelapa parut.
  4. Sediakan 350 ml of air.
  5. Siapkan Secukupnya of minyak goreng.
  6. Ambil of Bumbu-bumbu:.
  7. Ambil 5 siung of bawang merah.
  8. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih.
  9. Gunakan 1/2 sdt of lada butir.
  10. Siapkan 1 sdt of ketumbar.
  11. Diperlukan 2 butir of kemiri.
  12. Sediakan 1 ruas of kunyit.
  13. Ambil 2 ruas of jahe.
  14. Sediakan 2 ruas of lengkuas.
  15. Dibutuhkan 1 batang of serai, memarkan.
  16. Dibutuhkan 2 lembar of daun salam.
  17. Siapkan 3 lembar of daun jeruk.
  18. Siapkan 2 sdt of garam.
  19. Diperlukan Secukupnya of kaldu bubuk.
  20. Sediakan 1 sdm of gula merah.
  21. Gunakan 2 sdm of air asam jawa.

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Cara memasak Ayam Goreng Serundeng Kelapa:

  1. Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih ayam. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas kembali.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, kunyit, jahe dan lengkuas.
  3. Panaskan secukupnya minyak goreng, tumis bumbu halus beserta serai, daun salam dan daun jeruk sampai harum dan matang.
  4. Setelah itu masukkan daging ayam, aduk rata. Tambahkan air. Aduk rata kembali.
  5. Kemudian masukkan kelapa parut. Aduk rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula merah dan air asam jawa. Aduk rata kembali. Tes rasa. Masak/ungkep ayam sampai bumbu meresap atau air menyusut. Setelah itu tiriskan ayam dan kelapa parut. Pisahkan ayam dari kelapa parutnya..
  6. Panaskan secukupnya minyak goreng. Goreng ayam sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan..
  7. Lalu goreng kelapa parut/serundengnya sampai kuning kecoklatan sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan ayam goreng dengan taburan serundeng kelapa.
Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Selamat mencoba resep ayam goreng serundeng kelapa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close