Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi Anti Ribet!

Ingin bikin soto tangkar iga sapi ala betawi yang enak? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto tangkar iga sapi ala betawi terbaik! soto tangkar iga sapi ala betawi cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan perayaan hari besar.

Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi

Kebanyakan orang malas mulai memasak soto tangkar iga sapi ala betawi karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto tangkar iga sapi ala betawi! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menghidangkan soto tangkar iga sapi ala betawi hanya dengan menggunakan 32 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto tangkar iga sapi ala betawi!

Untuk menyiapkan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 kg of iga sapi.
  2. Sediakan 1 liter of air,rebusan pertama,buang.
  3. Ambil 1,5 of liter,rebusan kedua.
  4. Dibutuhkan 300-500 ml of santan.
  5. Sediakan 2 buah of kentang,potong.
  6. Gunakan 3 batang of daun bawang,potong.
  7. Siapkan 3 lembar of daun salam.
  8. Diperlukan 4 lembar of daun jeruk.
  9. Siapkan 2 batang of serai,geprek.
  10. Sediakan 5 cm of lengkuas,geprek.
  11. Gunakan 2 blok of kaldu maggi sapi.
  12. Ambil 1 sdt of gula pasir.
  13. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  14. Siapkan of Minyak untuk menumis.
  15. Siapkan of Bumbu halus :.
  16. Diperlukan 12 siung of bawang merah.
  17. Ambil 5 siung of bawang putih.
  18. Dibutuhkan 3 of cabe merah besar.
  19. Dibutuhkan 5 biji of kemiri,sangrai.
  20. Gunakan 1 sdm of ketumbar,sangrai.
  21. Ambil 1/2 sdt of merica biji.
  22. Dibutuhkan 1 sdt of jinten bubuk.
  23. Ambil 2 cm of kunyit.
  24. Gunakan 2 cm of jahe.
  25. Ambil 1 1/2 jempol of gula aren.
  26. Ambil of Pelengkap :.
  27. Siapkan of Bawang merah goreng.
  28. Ambil of Emping melinjo,goreng.
  29. Gunakan of Sambal soto.
  30. Siapkan of Jeruk nipis.
  31. Sediakan of Tomat,potong.
  32. Ambil of Daun seledri,potong halus.

Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa…» Tangkar merupakan bahasa Betawi yang sudah terucap sejak zaman penjajahan belanda di mana arti kata tersebut adalah iga sapi. Terdapat beberapa tahapan dalam membuat sajian soto tangkat seperti perebusan daging dan jerohan sapi, penumisan bumbu, perebusan kuah soto hingga penyajiannya. Soto tangkar menggunakan Iga Sapi sebagai bahan utamanya. Sedangkan kata Tangkar sendiri Resep Soto Tangkar.

Proses menghidangkan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi:

  1. Cuci iga sapi,rebus pertama 5 menit,buang airnya,rebus kembali yang kedua hingga empuk,jika air berkurang,boleh tambahkan..
  2. Siapkan bahan bumbu dan pelengkap lainnya,haluskan bumbu..
  3. Tumis bumbu halus,serai,lengkuas,daun jeruk,daun salam hingga wangi,masukan bumbu kepanci rebusan iga dan masukan juga kentang,biarkan mendidih,agar bumbu resap, dan kentang empuk..
  4. Tambahkan santan,gulpas,garam,kaldu maggi,biarkan santan mendidih beberapa saat,masukan daun bawang,didihkan sebentar,koreksi rasa dan matikan api..
  5. Tata soto tangkar iga dimangkok,irisan tomat,tuangkan kuahnya,kasih atasnya daun seledri,taburi bawang merah goreng,dan jangan lupa emping melinjo,sambal dan jeruk nipisnya juga sebagai pelengkap..
  6. Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi siap disajikan..
Soto Tangkar merupakan makanan khas Betawi. Tangkar disebut juga juga iga sapi dalam bahasa Betawi. Sejarahnya, saat zaman penjajahan Belanda, jika para meneer Belanda akan mengadakan pesta, biasanya mereka memotong sapi untuk pesta tersebut. Meskipun dahulunya Soto Tangkar berasal dari bagian daging sapi sisaan yang tidak dimakan oleh orang Belanda, tapi orang Betawi begitu kreatif Menariknya lagi, dahulunya bagian iga sapi tidaklah dikonsumsi oleh para meneer Belanda ini, maka dimanfaatkanlah bagian daging sapi yang satu ini. COM - Betawi merupakan sebutan untuk suku asli Kota Jakarta.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto tangkar iga sapi ala betawi. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close