Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Goreng Serundeng Kelapa Kekinian

Ingin membuat ayam goreng serundeng kelapa yang enak? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep ayam goreng serundeng kelapa terbaik! ayam goreng serundeng kelapa, sajian mudah dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Kebanyakan orang takut mulai memasak ayam goreng serundeng kelapa karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Masukan kelapa parut aduk dan tambahkan santan serta berikan bumbu perasa. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Sobat dapat menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam goreng serundeng kelapa yuk!

Untuk memasak Ayam Goreng Serundeng Kelapa, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Ayam (saya beli di tukang sayur, sudah dlm plastik).
  2. Siapkan 2 plastik of kelapa parut (beli ditukang sayur jg, sdh dlm plastik).
  3. Diperlukan 2 batang of sereh (geprek).
  4. Sediakan 3 lembar of daun jeruk (sobek).
  5. Diperlukan 2 lembar of daun salam.
  6. Ambil of Air.
  7. Dibutuhkan of Garam.
  8. Dibutuhkan of Merica.
  9. Siapkan of Gula jawa.
  10. Diperlukan of Totole / kaldu jamur (optional, boleh skip).
  11. Sediakan of Minyak untuk menumis dan menggoreng.
  12. Sediakan of Bumbu Halus :.
  13. Siapkan 5 butir of bawang merah.
  14. Gunakan 5 butir of bawang putih.
  15. Siapkan 3 cm of lengkuas.
  16. Ambil 3 cm of kunyit.
  17. Sediakan 2 cm of jahe.
  18. Sediakan 2 sdt of ketumbar.

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Proses membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa:

  1. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan sereh... Masak sampai bumbu benar - benar matang.
  2. Setelah bumbu matang, masukan ayam, masak sampai ayam berubah warna / matang.
  3. Lalu tambahkan air kira2 sampai ayam terendam air dan masukan kelapa parut, aduk rata masak sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih bumbui dengan garam, merica, dan gula jawa... Aduk rata... Koreksi rasa.
  5. Jika dirasa sudah pas masak sampai ayam empuk dan kuah menyusut... Lalu matikan api.
  6. Panas kan minyak goreng lalu goreng ayam dengan api kecil... Setelah semua ayam matang baru goreng serundeng kelapanya.
  7. Note: lebih baik saat menggoreng, goreng ayam terlebih dahulu karena jika bersamaan, serundeng bisa gosong / matang lbh dulu dr pada ayamnya... Dan sebaiknya goreng dengan api kecil.
  8. Setelah semua matang... Ayam goreng serundeng siap di sajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambel... 😂 Makan serundengnya saja pake nasi anget + sambel juga udah enak banget 😁.
Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam goreng serundeng kelapa. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close