Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Bika Ambon Pandan Ekonomis (tanpa cetakan) Anti Ribet!

Ingin membuat bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan) yang enak? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan) terbaik! bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan) cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan pesta.

Bika Ambon Pandan Ekonomis (tanpa cetakan)

Banyak orang sudah menyerah duluan bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan)! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Resep Bika Ambon - Salah satu makanan khas kota Medan yaitu Bika Ambon. Makanan ini banyak disukai bukan hanya di Medan saja akan tetapi di seluruh Indonesia juga banyak yang menyukai makanan ini. Kue bika ambon yang satu ini sangat bagus teksturnya bersarang, lembut dan sedikit kenyal.

Kamu dapat menyiapkan bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan) hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan)!

Untuk memasak Bika Ambon Pandan Ekonomis (tanpa cetakan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 100 gr of tepung kanji.
  2. Dibutuhkan 50 gr of tepung trigu.
  3. Gunakan 100 gr of gula pasir.
  4. Ambil 1/4 sdt of garam.
  5. Sediakan 1 sdm of margarin cairkan.
  6. Siapkan 2 butir of telur, kocok lepas.
  7. Gunakan 200 ml of santan + beberapa tetes pasta pandan.
  8. Sediakan 1 batang of serai (sy skip).
  9. Gunakan 2 lembar of daun jeruk purut (sy skip).
  10. Siapkan of bahan biang :.
  11. Sediakan 50 ml of air hangat.
  12. Dibutuhkan 1 sdt of gula pasir.
  13. Siapkan 1 sdt of ragi instan.

Kue ini tergolong unik rasanya benar-benar khas. Gurih santan dan telur membaur dengan harumnya rempah-rempah masakan seperti, daun jeruk, serai, kunyit dan pandan. Eits, walaupun namanya bika ambon, tapi kue basah satu ini sebenarnya bukan berasal dari Ambon, ya. Bedanya, bika ini dibuat dengan tambahan pengembang dari bahan nira.

Cara menyiapkan Bika Ambon Pandan Ekonomis (tanpa cetakan):

  1. Membuat biang : campur semua bahan biang aduk rata diamkan 10 menit hingga berbusa.
  2. Masak campuran santan dan pasta pandan hingga mendidih, sisihkan.
  3. Campur tepung kanji, trigu, gula dan garam lalu tambahkan bahan biang, telur margarin cair dan separo dari santan aduk hingga tdk bergerindil lalu masukkan sisa santan aduk rata.
  4. Diamkan 1 jam.
  5. Panaskan wajan/teflon anti lengket yg diatasnya diletakkan aluminum foil cup atau aluminium loyang, tunggu hingga benar" panas api kecil sekali, sebelum menuang harus diaduk terlebih dahulu lalu tuang 1/3 dari tinggi cup/loyang.
  6. Teflon tdk ditutup ya biarkan hingga kluar gelembung".
  7. Jika bagian atas sudah mulai mengering (kurleb 35 menit krn saya menggunakan loyang aluminium foil mungkin klu menggunakan cup alumuniun foil lebih cepat waktu matangnya) lalu tutup teflon sebentar.
  8. Setelah matang angkat dan dinginkan. sajikan saat sdh dingin akan terasa lebih kenyal.
  9. .
Teksturnya berongga-rongga, berwarna kuning, beraroma pandan, serta rasanya manis dan kenyal. Kue ini kesukaan suami, jadi g tahu gmn caranya pokoknya harus bisa Rasanya cocok pas buat saya, kenyal gurih, wangi pandan tanpa daun jeruk. Sudah cocok banget dengan resep ini. Resep bika ambon - Bika Ambon merupakan makanan Khas Ambon yang menjadi favorit masyarakat Ambon. Pasalnya, selain cita rasa yang nikmat, Bika Ambon merupakan makanan alami yang sehat bagi tubuh.

Selamat mencoba resep bika ambon pandan ekonomis (tanpa cetakan)! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close