Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Sayur Godog Kekinian

Ingin masak sayur godog yang lezat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sayur godog terbaik! sayur godog cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian perayaan.

Sayur Godog

Banyak orang malas mulai memasak sayur godog karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sayur godog! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Berikut resep sayur godog yang bisa. Sayur Godog atau tepatnya Sayur Sambal Godog adalah sayur khas Betawi yang umumnya dihidangkan di hari lebaran sebagai pelengkap menu Ketupat/Lontong Sayur Betawi. Sayur atau sambal godog khas Betawi ini umumnya menjadi salah satu menu wajib Lebaran, namun bagi keluarga besar saya, kami jarang menghidangkan masakan berkuah santan ini.

Kawan-kawan dapat membuat sayur godog hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sayur godog!

Untuk menyiapkan Sayur Godog, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 buah of labu siam.
  2. Diperlukan 1 ikat of kacang panjang (sekitar 8 buah).
  3. Siapkan 1 papan of tempe.
  4. Dibutuhkan 1 papan of pete.
  5. Gunakan 2 batang of serai.
  6. Siapkan 3 lembar of daun salam.
  7. Gunakan 1 ruas of lengkuas.
  8. Sediakan 1 liter of santan encer.
  9. Dibutuhkan 1 liter of santan kekentalan sedang.
  10. Ambil Secukupnya of garam.
  11. Diperlukan Secukupnya of kaldu bubuk.
  12. Gunakan 1 sdm of gula merah.
  13. Siapkan of Bumbu Ulek :.
  14. Diperlukan 10 buah of cabe merah keriting.
  15. Sediakan 8 buah of cabe rawit merah.
  16. Ambil 10 siung of bawang merah.
  17. Siapkan 5 siung of bawang putih.
  18. Gunakan 1 sdm of ebi (saya tidak pakai).

Sayur godog is a festive food and is mostly served during Lebaran (Eid al-Fitr). I know we are fast approaching Christmas and sayur godog is not exactly common on a Christmas table. Sayur godog tahu merupakan salah satu hidangan khas yang sangat menggugah selera. Sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang begitu lezat.

Langkah-langkah menghidangkan Sayur Godog:

  1. Siapkan bahan sayuran, kupas labu siam lalu potong memanjang, kemudian tambahkan garam lalu bejek-bejek hingga mengeluarjan getahnya, kemudian cuci bersih, cuci juga kacang panjang lalu potong kecil..
  2. Potong dadu tempenya dan kupas petenya. Siapkan bumbunya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi..
  3. Lalu tambahkan serai geprek, lengkuas geprek dan daun salam. Siapkan panci rebus santan encer hingga mendidih, lalu masukkan potongan labu siam, kacang panjang dan pete, lalu masukkan bumbu yang tadi ditumis, aduk rata lalu masak hingga sayur setengah matang, lalu tambahkan santan yang kekentalannya sedang..
  4. Beri garam, kaldu bubuk dan gula merah, aduk rata, masak hingga sayuran matang dan cicipi. Jika sudah matang, matikan api, hidangkan bersama ketupat/lontong..
Campuran bahan-bahan yang digunakan membuat sayur. Sayur godog is a festive food and is mostly served during Lebaran (Eid al-Fitr). I know we are fast approaching Christmas and sayur godog is not exactly common on a Christmas table. " Sayur sambel godog itu masakan wajib Lebaran, ya Idul Fitri ya Haji. Sayur ini muncul pada ritus Pasangan sayur godog dan tak bisa dipisahkan adalah ketupat. Sayur godog merupakan salah satu masakan tradisional Khas nusantara yang sudah populer, masakan ini berasal dari daerah Betawi.

Mudah bukan membuat sayur godog? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close