Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Bolu Tape (Fermented Cassava Cake) Anti Gagal!

Lagi nyari resep bolu tape (fermented cassava cake) yang paling sedap? Gak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep bolu tape (fermented cassava cake) terbaik! Satu lagi menu makanan yang bisa bikin meja makan semakin meriah - bolu tape (fermented cassava cake)! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Bolu Tape (Fermented Cassava Cake)

Kebanyakan orang tidak berani memasak bolu tape (fermented cassava cake) karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bolu tape (fermented cassava cake)! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat bolu tape (fermented cassava cake) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin bolu tape (fermented cassava cake) yuk!

Untuk menyiapkan Bolu Tape (Fermented Cassava Cake), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 3 butir of telur ayam.
  2. Diperlukan 100 gram of gula pasir.
  3. Ambil 1 sdt of SP.
  4. Sediakan 1 sdt of Vanilla.
  5. Dibutuhkan 75 gram of mentega, lelehkan.
  6. Siapkan 65 ml of santan instant (saya: Kara).
  7. Gunakan 150 gram of tape, buang sumbu dan bagian yang bergerinjil, haluskan dengan garpu.
  8. Dibutuhkan 80 gram of tepung terigu (saya: pro rendah Kunci Biru).
  9. Diperlukan 20 gram of susu bubuk.
  10. Gunakan Secukupnya of pewarna pasta pandan, bila mau divariasikan.

Cara membuat Bolu Tape (Fermented Cassava Cake):

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Panaskan kukusan lebih dulu, tutup diikat rapat dengan serbet. Siapkan juga loyang yang dialasi kertas roti dan diolesi mentega..
  3. Mixer 3 bahan pertama: gula, telur, SP, dengan kecepatan tinggi sampai adonan putih berjejak..
  4. Kemudan masukkan satu persatu 3 bahan berikutnya: vanilla, lelehan mentega, dan santan instant, sambil di-mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata saja..
  5. Selanjutkan masukkan 3 bahan terakhir satu persatu, sambil diaduk rata dengan spatula: tape yang dihaluskan, terigu dan susu (sambil diayak). Setelah teraduk rata, masukkan ke dalam loyang..
  6. Bila ingin bolu dengan motif seperti yang saya buat, bagi dua adonan dan beri pewarna pasta pandan di salah satunya. Kemudiang tuang adonan putih dan hijau bergantian ke atas loyang, masing2 2 atau 3 sendok sayur. Setelah selesai, tarik garis dari tengah ke pinggir menggunakan tusuk gigi..
  7. Kukus selama 30-45 menit dengan api sedang. Bolu tapi harum-lembut-legit siap dinikmati :).

Mudah bukan membuat bolu tape (fermented cassava cake)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close