Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kue Lumpang Ijo Kekinian

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep kue lumpang ijo ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi hidangan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - kue lumpang ijo! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Kue Lumpang Ijo

Kebanyakan orang tidak berani memasak kue lumpang ijo karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lumpang ijo! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Kue Ijo adalah modifikasi masa kini dari "KUE LUMPANG" , kudapan khas nusantara yang populer. Kami membuatnya menjadi lebih praktis, ringan, sekaligus lebih sehat karena tidak mengandung. Kue Lumpang merupakan makanan khas Palembang dengan tekstur empuk dan manis gurih.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat membuat kue lumpang ijo hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue lumpang ijo yuk!

Untuk menyiapkan Kue Lumpang Ijo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 100 gr of tepung sagu.
  2. Sediakan 25 gr of tepung beras.
  3. Sediakan 100 gr of gula pasir.
  4. Gunakan 50 ml of air daun pandan (pandan di jus dengan air putih, lalu disaring).
  5. Ambil 200 ml of santan (bisa juga 65 ml kara dilarutkan dengan 140 ml air).
  6. Dibutuhkan 1 lembar of daun pandan.
  7. Sediakan sejumput of garam.
  8. Dibutuhkan of kelapa parut dikasih garam sedikit (dikukus 10 menit).

Lihat juga resep Kue lumpang gula merah berlesung enak lainnya. Kue lumpang tergolong berbeda dari jenis kue basah lain. Mulai dari perbedaan dalam hal pembuatan hingga rasa yang dimiliki. Kue lumpang ini sendiri memiliki rasa yang cukup manis dan nikmat.

Cara menyiapkan Kue Lumpang Ijo:

  1. Dalam panci masak santan, air pandan, 1 lembar daun pandan, gula, dan sejumput garam dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih. Kemudian tunggu dingin..
  2. Siapkan dalam wadah tepung beras dan sagu, bisa diayak dulu biar tidak menggumpal. Kemudian tambahkan adonan cair sedikit-sedikit sambil diaduk dengan whisk. Pastikan tidak ada yang menggumpal, kalau ada gelembung, hilangkan gelembungnya bisa disendok atau diambil gelembungnya..
  3. Setelah adonan jadi tempatkan dalam cetakan nya sebanyak 3-4 sdm tidak perlu penuh supaya bisa berbentuk lesung. Kemudian kukus selama 20 menit..
  4. Setelah 20 menit, siap diangkat dan disajikan dengan kelapa parut ya..
Cenil, kue ijo ijo dan lopis adalah jajanan traditional khas orang jawa. Biasanya jajanan pasar ini di gunakan dalam Horas from Medan Pada tau ya. Kue lumpang atau kue ijo Teksturnya kenyal. Ingin membuat kue ijo tanpa santan? Dulu sy udh pernah posting kue lumpang.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat kue lumpang ijo hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close