Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Banjar yang Enak!

Bosen dengan hidangan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep soto banjar ini, mungkin bisa jadi pilihan paling tepat! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan soto banjar! Makanan spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Soto Banjar

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan soto banjar karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto banjar! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu agar makanan yang dibuat terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

This soto Banjar comes from the island of South of Kalimantan (Kalimantan Selatan), in particularly, the city of Banjarmasin (or. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala. Soto ayam banjar juga ada dua versi yakni soto banjar kuah bening dan masakan soto ayam Cara membuat soto banjar hampir sama dengan resep soto ayam lainnya seperti soto ayam lamongan.

Kawan-kawan dapat menyiapkan soto banjar hanya dengan menggunakan 28 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto banjar!

Untuk menyiapkan Soto Banjar, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 potong of ayam, bersihkan potong 4 lalu cuci.
  2. Dibutuhkan 1,5 Liter of air.
  3. Dibutuhkan of Bumbu halus :.
  4. Sediakan 15 siung of bawang putih.
  5. Gunakan 7 siung of bawang merah.
  6. Gunakan 1 buah of pala.
  7. Siapkan 1/2 ruas jari of jahe.
  8. Gunakan 1/2 sdt of merica bubuk.
  9. Diperlukan of Minyak goreng untuk menumis.
  10. Sediakan of Bahan tambahan :.
  11. Sediakan 1 butir of kuning telur.
  12. Siapkan 1 sdt of susu kental manis.
  13. Sediakan 1 1/2 sdm of kentang halus.
  14. Dibutuhkan 5 cm of kayu manis.
  15. Gunakan 3 buah of kembang sisir.
  16. Ambil 3 buah of kapulaga.
  17. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  18. Siapkan 2 tangkai of bawang prei, iris.
  19. Dibutuhkan of Pelengkapnya :.
  20. Siapkan of Nasi/lontong.
  21. Gunakan of Soun yang sudah direndam lemas.
  22. Dibutuhkan of Perkedel.
  23. Sediakan of Telur rebus.
  24. Gunakan of Bawang goreng.
  25. Dibutuhkan of Daun seledri iris tipis.
  26. Gunakan of Kecap manis/asin.
  27. Diperlukan of Sambal.
  28. Sediakan of Jeruk nipis.

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Cara menyiapkan Soto Banjar:

  1. Siapkan panci, masukkan air dan ayam, rebus..
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak sampai harum, tambahkan bawang prei. Masukkan kedalam air rebusan ayam sampai mendidih..
  3. Di wadah lain, kocok kuning telur dan susu dan tambahkan sedikit kuah soto, lalu campurkan ke kuah soto sambil diaduk (jangan sampai bergerindil)..
  4. Masukkan kentang halus, kayu manis, kapulaga, kembang sisir. Tambahkan garam lalu aduk rata. (Jangan lupa rasain dulu ya)..
  5. Angkat ayam dari kuah soto lalu goreng dan suir2..
  6. Angkat dan sajikan..
  7. Penyajiannya : siapkan mangkok, beri nasi, soun, ayam suir, telur iris, daun seledri, bawang goreng dan kuah soto..
Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto banjar. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close