Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Soto Betawi dengan Ayam Suwir yang Enak!

Coba resep soto betawi dengan ayam suwir sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! soto betawi dengan ayam suwir, hidangan mudah dan cepat untuk dimasak. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Soto Betawi dengan Ayam Suwir

Sebagian Besar orang tidak berani memasak soto betawi dengan ayam suwir karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi dengan ayam suwir! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dihasilkan terasa lezat. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Tadinya mo bikin ayam suwir kondangan, eh paksu minta pake kuah ya sudah belokin sedikit bumbunya jadilah ini. Coba-coba bikin soto betawi versi daging ayam, dan rasanya enak juga, segeerrr apalagi makannya ditambah perasan air perasan jeruk. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat membuat soto betawi dengan ayam suwir hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto betawi dengan ayam suwir yuk!

Untuk menghidangkan Soto Betawi dengan Ayam Suwir, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 ekor of ayam.
  2. Sediakan 2 buah of kentang.
  3. Sediakan 1 buah of tomat.
  4. Diperlukan 250 ml of Santan.
  5. Gunakan 1 batang of sereh.
  6. Siapkan 2 cm of kayu manis.
  7. Gunakan 2 buah of cengkeh.
  8. Dibutuhkan 2 lembar of daun jeruk.
  9. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  10. Ambil 1 buah of jeruk limau.
  11. Siapkan of Garam dan penyedap.
  12. Siapkan of Lada bubuk.
  13. Dibutuhkan of Bumbu halus.
  14. Ambil 7 siung of bawang merah.
  15. Dibutuhkan 8 siung of bawang putih.
  16. Diperlukan 1/2 sendok teh of jinten.
  17. Siapkan 4 butir of kemiri sangrai.
  18. Siapkan 1/2 butir of pala.
  19. Dibutuhkan 1/2 sendok teh of ketumbar sangrai.

Betawi atau kota jakarta bukan hanya terkenal dengan masakan soto kuah kental saja, namun juga cukup terkenal dengan soto kuah bening, karena bumbu soto ayam bening ringan dan enak. Mulai dari soto Kudus, Soto bandung, Soto Betawi, dll. Tiriskan ayam, goreng hingga kecoklatan lalu suwir-suwir. Goreng ayam yang sudah direbus tadi kedalam minyak panas di atas api besar hingga kecokelatan.

Proses menyiapkan Soto Betawi dengan Ayam Suwir:

  1. Marinasi ayam dengan garam dan lada lalu goreng sampai kering lalu di suwir. Saya hanya marinasi bagian dada dan paha. Bagian sayap dan punggung saya pakai untuk kaldu kuah..
  2. Goreng kentang.
  3. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, kayu manis, cengkeh dan sereh sampai wangi. Kemudian tambahkan bagian ayam yang bertulang dan air. Masak sampai mendidih..
  4. Setelah mendidih, masukkan santan, garam, lada dan penyedap. Masak sampai semua tercampur rata..
  5. Sajikan soto dengan ayam suir, kentang goreng, tomat dan nasi panas..
Kemudian suwir-suwir daging ayam goreng tadi. Soto Betawi ini tidak berbeda dengan soto Madura dan soto sulung. Soto ini juga menggunakan jeroan, daging sapi juga merupakan bahan Setelah kuah soto sudah matang, api dimatikankemudian suwir-suwir ayam dan masukkan ke dalam kuah soto, rebus sebentar saja sampai bumbu meresap. Resep Soto Ayam - Soto ayam merupakan salah satu dari ratusan ribu kuliner yang ada di Indonesia. Pada dasarnya soto ayam yaitu masakan yang berkuah kuni dengan suwiran Suwir-suwir daginga ayam dan sisihkan.

Mudah bukan membuat soto betawi dengan ayam suwir? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close