Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Tangkar Khas Betawi yang Lezat!

Ingin tau rahasia masak soto tangkar khas betawi yang enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto tangkar khas betawi terbaik! soto tangkar khas betawi, hidangan gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Soto Tangkar Khas Betawi

Sebagian Besar orang sudah minder duluan soto tangkar khas betawi karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto tangkar khas betawi! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar. • Menilik Sejarah Ondel-ondel Khas Betawi, Ternyata Asal Usul Nama Ondel-ondel Gara-gara Benyamin Sueb. Soto tangkar adalah soto berkuah gurih. Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi.

Kamu dapat menyiapkan soto tangkar khas betawi hanya dengan menggunakan 24 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto tangkar khas betawi yuk!

Untuk menyiapkan Soto Tangkar Khas Betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 gr of daging sapi sandung lamur potong dadu.
  2. Siapkan 250 gr of iga sapi/tulang sapi.
  3. Diperlukan 500 ml of santan encer.
  4. Sediakan 200 ml of susu cair (me: UHT Ultra).
  5. Ambil 2 batang of serai geprek.
  6. Dibutuhkan 2 lembar of daun salam.
  7. Ambil 1 ruas jari of lengkuas geprek.
  8. Siapkan 4 lembar of daun jeruk.
  9. Ambil of Air.
  10. Dibutuhkan of Gula, garam, penyedap rasa.
  11. Siapkan of Bumbu halus.
  12. Siapkan 8 siung of bawang merah.
  13. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  14. Diperlukan 3 of cabe kriting (optional kalo suka agak pedas).
  15. Sediakan 1 ruas jari of jahe bakar.
  16. Diperlukan 3 butir of kemiri.
  17. Ambil 1/2 sdt of jinten.
  18. Siapkan 1 sdm of ketumbar.
  19. Sediakan 1/2 sdt of lada butir.
  20. Ambil of Pelengkap :.
  21. Gunakan of Bawang goreng.
  22. Gunakan of Jeruk nipis.
  23. Ambil of Emping.
  24. Gunakan of Tomat.

Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. COM - Soto Tangkar merupakan salah satu hidangan khas betawi.

Langkah-langkah membuat Soto Tangkar Khas Betawi:

  1. Rebus daging & tulang sampai empuk dan airnya menyusut..
  2. Siapkan wajan. Sangrai ketumbar, lada, kemiri, dan jintan. Haluskan semua bahan bumbu halus & bumbu yang sudah disangrai jadi satu..
  3. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai, lengkuas & daun jeruk. Tumis sampai harum..
  4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke panci rebusan daging. Masukkan santan dan susu cair. Koreksi rasa dengan gula, garam, penyedap rasa. Aduk terus sampai mendidih supaya santan tidak pecah..
  5. Sajikan dengan bahan pelengkap dan sepiring nasi hangat. Selamat mencoba. ๐Ÿ˜‹๐Ÿคค.
Sekilas, soto ini mirip dengan soto betawi pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan. Soto betawi mempunyai kuah berwarnakuning pucat danputih, sedangkan soto tangkar mempunyai kuah yang berwarna. Nah, salah satu varian soto yang banyak penikmatnya adalah soto Betawi yang merupakan kuliner khas Ibu Kota. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini. Baca juga: Serba-serbi Kuliner khas Betawi.

Selamat mencoba resep soto tangkar khas betawi! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close