Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Bika Ambon Presto Anti Ribet!

Sedang pengen coba resep bika ambon presto yang paling lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep bika ambon presto terbaik! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah - bika ambon presto! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Bika Ambon Presto

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan bika ambon presto karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bika ambon presto! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibuat terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat memasak bika ambon presto hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin bika ambon presto yuk!

Untuk menyiapkan Bika Ambon Presto, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Bahan A :.
  2. Gunakan 100 ml of air kelapa(me air biasa).
  3. Dibutuhkan 50 gr of tepung terigu protein sedang(me segitiga).
  4. Siapkan 5 gr of ragi instan.
  5. Sediakan of Bahan B :.
  6. Diperlukan 300 ml of santan kental(me dari 1 butir kelapa).
  7. Dibutuhkan 200 gr of gula pasir.
  8. Dibutuhkan 150 gr of tepung sagu kualitas bagus(me sagu tani).
  9. Diperlukan 8 of kuning telur.
  10. Diperlukan 1/2 sdt of garam.
  11. Diperlukan 5 lembar of daun pandan(boleh ganti pasta pandan).
  12. Siapkan 5 lembar of daun jeruk buang tulang tengahnya (opotional).
  13. Gunakan 1 batang of sereh memarkan (opotional).

Cara memasak Bika Ambon Presto:

  1. Campur semua bahan A jadi satu,aduk rata lalu biarkan selama 15-30 menit hasilnya berbuih๐Ÿ‘‡๐Ÿปtanda ragi aktif..
  2. Cuci daun pandan lalu potong-potong blender dengan sedikit santan lalu saring,campur dengan sisa santan๐Ÿ‘‡๐Ÿป.
  3. Masak santan daun jeruk dan sereh sampai mendidih dengan api kecil,sambil terus diaduk.biarkan dingin baru di saring๐Ÿ˜‰.
  4. Campur kuning telur,gula dan garam,kocok pakai whisk.tambahkan sagu dan bahan A๐Ÿ‘‡๐Ÿปaduk rata..
  5. Masukan santan sedikit demi sedikit sambil di keplok² pakai whisk(sengaja saya pakai whisk model jadul ini agar lebih mudah mengocoknya)๐Ÿ‘‡๐Ÿป.
  6. Diamkan adonan selama 1-3 jam(saya 2 jam) hasilnya ๐Ÿ‘‡๐Ÿปsaat didiamkan saya tutup serbet bersih๐Ÿ˜‰.
  7. Panaskan panci presto (pasang saringannya tanpa di isi air ya๐Ÿคญ)tes loyang dengan meneteskan air,jika mendesis berarti sudah panas.loyang olesi margarin tipis saja,masukan loyangnya juga biar panas๐Ÿ‘‡๐Ÿปsaya panaskan pakai api sedang kalo sudah cukup panas kecilkan api..
  8. Karet seal tutupnya di lepas ya๐Ÿ‘‡๐Ÿปtuang ke loyang bulat ukuran 18 cm yang sudah dipanaskan lalu tutup tapi jangan dirapatkan๐Ÿ‘‡๐Ÿปmasak selama 50 menit..
  9. Api keci ya..... setelah 50 menit๐Ÿ‘‡๐Ÿปtutup rapat sampai bunyi klik(kaya kita pakai panci presto biasa untuk rebus sampai klik/ngunci)masak lagi selama 10 menit agar permukaan'a kering..
  10. Setelah matang biarkan sampai dingin,sisir pinggirannya gunakan spatula tipis congkel bagian bawahnya pelan pelan๐Ÿ‘‡๐Ÿป.
  11. Harus hati hati ya keluarin dari loyangnya ๐Ÿ˜‰ seratnya terlihat nyata๐Ÿคญ.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat bika ambon presto. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close