Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ote Ote/Weci/Bala-Bala/Bakwan Sayur Untuk Pemula!

Jenuh sama makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Hadirkan ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ote Ote/Weci/Bala-Bala/Bakwan Sayur

Sebagian Besar orang tidak berani memasak ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Ote-Ote adalah makanan ringan yang sangat populer di sepanjang Pulau Jawa. Di daerah Jawa Barat dinamakan Bala Bala Udang. Di Semarang disebut Heci, kalau di kota kelahiran Teman dekat saya yang asli Malang nyebutnya Weci, trus di kawasan ujung timur Pulau Jawa tepatnya di Jember.

Kamu dapat menghidangkan ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur!

Untuk membuat Ote Ote/Weci/Bala-Bala/Bakwan Sayur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 10 of sdm/200 gr terigu protein sedang/segitiga.
  2. Diperlukan 1 of sdm/10 gr tepung beras.
  3. Dibutuhkan 15 biji of udang buang kepala, tdk usah dikupas kulit badannya.
  4. Gunakan 1 Genggam of kecambah.
  5. Siapkan 1/4 buah of kubis yg kecil cincang.
  6. Siapkan 1 buah of wortel besar potong korek api.
  7. Diperlukan 1 of daun bawang pre cincang.
  8. Siapkan 1 of seledri cincang.
  9. Sediakan 1 sachet of bumbu racik sayur sop indofood.
  10. Dibutuhkan 1/2 sdt of lada bubuk/optional.
  11. Gunakan 1 butir of telur.
  12. Ambil 200 ml of air +/-.

Cara mudah membuat bakwan sayur atau ote ote sayur atau bala bala yang enak dan renyah dengan resep bahan sederhana. Di tempat lain namanya Bala-bala / Bakwan. Bakwan sering dijadikan camilan atau teman makan nasi. Rasa gurih dan renyahnya disukai semua orang.

Cara menyiapkan Ote Ote/Weci/Bala-Bala/Bakwan Sayur:

  1. Udang buang kepala dan kotoran rendam jeruk nipis dan garam, cuci, bilas. Sayur dirajang, cuci, tiriskan. Campur terigu, bumbu sop di waskom dgn telur.
  2. Aduk adonan, kalo sdh rata campur sayuran, udang, adonan agak kental krn kalo ditambah sayur jadi encer, coba dicicipi dikit adonan mungkin kurang asin dll (kalo aku sdh pas hanya aku tambah lada bubuk aja).
  3. Panaskan wajan, isi minyak goreng agak banyak, goreng ote ote boleh dicetak jika punya centong sayur yg tdk lengket. Jika sdh kecoklatan angkat tiriskan, nikmati dengan cabe selagi panas....
Harga bakwan juga relatif murah, serta mudah untuk dibuat. Hanya memerlukan tepung terigu, aneka macam sayuran dan bumbu yang dicampur menjadi adonan lalu digoreng. Terimakasih sudah meminta saya menjawab, mengapa bakwan bisa berganti nama, saya rasa mungkin pergeseran budaya, serta pengenalan pedagang kepada konsumen yang membuat sebuah nama komoditi sekelas bakwan Wait. ote ote bukan bakwan, dan bala bala adalah bakwan sayur. Kol, Wortel, Tauge, Daun Bawang, Tepung Bakwan, Saus Sambal. Mulai dari ote-ote, weci, badak, hingga bala-bala adalah nama-nama unik dari bakwan di setiap daerah di Indonesia.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ote ote/weci/bala-bala/bakwan sayur. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close